Hari Ini Arus Mudik Lebaran Mulai Menurun

Pemudik pengguna sejumlah moda transportasi pada H-3 dan H-2 Lebaran mulai mencatat penurunan.
Image title
3 Juni 2019, 17:16
Mudik Lebaran 2019, Posko Mudik, Arus Mudik
ANTARA FOTO/R. Rekotomo
Pemudik bersepeda motor dari Jakarta yang menumpang KM Dobonsolo tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019).

Kementerian Perhubungan mencatat penurunan pemudik pengguna sejumlah moda transportasi H-3 dan H-2 Lebaran 2019. Hal ini diketahui berdasarkan pantauan arus mudik  Posko Angkutan Lebaran Kementerian Perhubungan di sejumlah lokasi seperti di jalan non-tol, terminal dan pelabuhan. 

Jumlah kendaraan bermotor yang masuk ke jalan non tol di delapan titik pantauan yaitu, Merak, Sadang, Balonggandu, Rancaecek, Prupuk, Pejagan, Tegal dan Kendal pada H-3 dan H-2 Lebaran sebesar 42.270 kendaraan. Angka ini menurun 75,09% dibandingkan tahun lalu sebanyak 169.755 kendaraan.

(Baca: H-2 Lebaran, Sistem Satu Arah di Jalan Tol Masih Diberlakukan )

Meski demikian, untuk lalu lintas di jalur Nagrek, Jawa Barat masih terjadi kepadatan. Oleh karena itu, petugas lalu lintas menerapkan buka-tutup jalan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas.

Advertisement

Sedangkan, untuk keberangkatan bus pada pukul 06.04 WIB menurun 54,62% dengan jumlah keberangkatan 129.547 bus.

Demikian juga dengan jumlah penumpang kapal laut tercatat 1,3 juta atau turun 22,57% dibandingkan tahun lalu yaitu 1,6 juta penumpang.  "Pemantauan arus lalu lintas dan penumpang di lintas penyebrangan terpantau lancar dan terkendali," dikutip dari Keterangan Posko Angkutan Lebaran 2019, Senin (3/6).

(Baca: Mudik Lebaran, Kemenhub Sebut Angka Kecelakaan Turun 51%)

Sementara itu, penurunan pemudik juga mulai tampak untuk angkutan udara. Tercatat, untuk total keberangkatan pesawat berdasarkan pantauan per dua hari tersebut menurun 30% atau mencakup sekitar 9.733 penerbangan dibandingkan tahun lalu, yaitu 13.921 penerbangan. Sedangkan untuk jumlah penumpang juga terpantau turun 30,71% menjadi sebesar 1,2 juta dibandingkan tahun lalu, sebanyak 1,7 juta.

Angkutan udara di luar negeri dari tujuh bandara juga mencatat penurunan, meski secara persentase tak sebesar rute domestik. Kemenhub mencatat, ada 1.426 penerbangan dari luar negeri atau turun 12,19% dibandingkan tahun lalu dengan total penumpang yang diangkut sebanyak 262.880 penumpang atau turun 12,97% dibandingkan tahun lalu yaitu 305.573 penumpang.

Sejalan dengan turunnya jumlah penumpang, penambahan penerbangan atau extra flight domestik sebanyak 256 penerbangan atau turun 27,68% dibanding tahun sebelumnya. (approval flight)  terealisasi sekitar 23%. 

(Baca: Tinjau Jalur Pantura, Kemenhub Sebut Puncak Arus Mudik Sudah Lewat)

"Berdasarkan hasil pemantauan H-3, seluruh moda terjadi penurunan penumpang dan arus kendaraan. Ini karenakan puncak arus mudik telah terjadi pada H-4 atau 1 Juni 2019, sehingga arus lalu lintas terpantau ramai, namun lancar terkendali," tulis keterangan tersebut. 

Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Ekarina
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait