Jepang Usulkan E-Commerce Masuk ke Dalam Bahasan Kerja Sama IJEPA

Rizky Alika
29 Mei 2019, 21:07
Kerja Sama Ekonomi Indonesia Jepang, e-commerce
Arief Kamaludin | KATADATA
Ilustrasi belanja online.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menerima kunjungan dari Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang Hiroshige Seko pada Rabu (29/3) siang. Dalam pertemuan tadi kedua negara membahas sejumlah hal, salah satunya mengenai perdagangan elektronik (e-commerce) dalam tinjauan menyeluruh perjanjian kerja sama ekonomi Indonesia-Jepang (GR-IJEPA).

Enggar mengatakan, Jepang meminta pembahasan e-commerce masuk ke dalam pembahasan GR-IJEPA. Hal itu sebagaimana yang terdapat dalam perjanjian kerja sama ekonomi komperhensif Indonesia Australia (IA-CEPA). "Tapi kami semula tidak mau untuk masuk dalam poin pembahasan tersebut," kata dia di kantornya, Jakarta, Rabu (29/3).

Menurut dia, pemerintah tidak mau terburu-buru sebelum memasukkan bahasan tersebut. Sebab, persoalan tersebut tak bisa dilihat secara sepotong, melainkan harus dilihat juga keuntungan yang bisa didapat pemerintah. 

Salah satu yang menajdi pertimbangan, misalnya persoalan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) serta detail lain dalam poin bahasan tersebut. 

(Baca: Akses Produk RI pada Perjanjian Dagang Jepang Temui Titik Terang)

Selain e-commerce, Indonesia mengajukan 17 pos tarif tambahan dalam tinjauan kerja sama IJEPA. Namun, detail pos tarif tersebut masih dibahas oleh kedua negara.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...