Indonesia Incar Investasi Baru dari Taiwan

Image title
Oleh Ekarina
24 Mei 2019, 19:42
Pabrik baja
Agung Samosir | Katadata

Kementerian Perindustrian membidik investasi baru dari Taiwan. Beberapa sektor yang diincar di antaranya yaitu industri pengolahan logam dan perkapalan. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia dan Taiwan sejak tahun lalu telah menjajaki peluang kerja sama di sektor manufaktur guna memperkuat perekonomian kedua negara. Sektor yang akan dikolaborasikan juga mencakup ICT & Smart City, serta teknologi pangan.

Untuk menarik investor, pemerintah menyatakan siap memberikan tax holiday dan insentif lain.  Fasilitas itu bisa diberikan terutama sektor yang  membuka lapangan kerja, mampu mensubtitusi impor serta berperan meningkatkan ekspor.

(Baca: Kemenperin Proyeksikan Permintaan Lahan Industri Naik Pasca-Pemilu)

“Kebutuhan di sektor tersebut pertimbangan pemerintah untuk membuka kesempatan investasi," katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (24/5).

Dengan begitu, para investor dapat memperoleh keuntungan dalam berbisnis, tidak hanya untuk memenuhi pasar ekspor, tetapi juga memasok pasar domestik yang luas.

Menurut catatan kementerian, pada  2017 nilai perdagangan kedua negara mencapai US$ 7,4 miliar. Taiwan berada di peringkat ke-11 sebagai mitra dagang Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...