Imbas Rusuh Aksi 22 Mei, Pasar Tanah Abang Kehilangan Omzet Rp 200 M

Image title
Oleh Ekarina
22 Mei 2019, 19:37
Kerusuhan 22 Mei Jakarta, Tanah Abang tutup, Grand Indonesia tutup
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana di pasar Tanah Abang,  Jakarta Pusat (21/5).

Kerusuhan yang berlangsung di Jakarta telah mengganggu kegiatan ekonomi di sekitar pusat perbelanjaan Pasar Tanah Abang. Pertokoan di kawasan tersebut tutup sepanjang hari ini. Potensi transaksi penjualan yang hilangpun ditaksir mencapai ratusan miliar.

Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, pada hari biasa, transaksi perdagangan di Pasar Tanah Abang mencapai Rp 100-Rp 200 miliar per hari. Sedangkan untuk peak season seperti saat menjelang Lebaran seperti sekarang, perputaran uang di kawasan tersebut umumnya meningkat 20%-30%.

"Dengan tutupnya pasar, potensi penjualan yang hilang bisa sekitar Rp 200 miliar," kata Arif kepada katadata.co.id  lewat sambungan telepon, Rabu (22/5). Adapun pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara yang berdiri sejak 1735 tersebut kini menampung sekitar 17 ribu pedagang.

(Baca: Kerusuhan 22 Mei, Aktivitas Pusat Belanja kawasan Thamrin Terhenti)

Arif berharap, situasi di Jakarta kembali kondusif sehingga aktivitas perdagangan di pasar Tanah Abang bisa kembali berjalan dan perekonomian stabil.

Kerusuhan terjadi di beberapa titik di Jakarta pada Selasa (21/5) malam hingga Rabu (22/5) dini hari. Kepolisian menduga kerusuhan dipicu oleh massa perusuh bayaran. Massa perusuh berhasil didorong mundur aparat dari sekitar kantor Bawaslu  ke Tanah Abang. Namun, massa dilaporkan sempat bertahan di sekitar Tanah Abang dan melakukan perlawanan dengan menyerang aparat menggunakan batu dan petasan.

(Baca: Waktu Demonstrasi Telah Habis, Massa di Depan Bawaslu Ricuh)

Pada Rabu (22/5) sore, kerusuhan dilaporkan kembali terjadi. Massa yang melakukan aksi di sekitar kantor Bawaslu menolak membubarkan diri, meskipun waktu demonstrasi sudah habis. Massa melemparkan benda-benda di sekitarnya, seperti botol minum, hingga cone pembatas jalan. Mereka juga menyalakan petasan dan membakar ban di tengah kerumunan.

Pertokoan Sekitar Thamrin Tutup

Sejumlah pertokoan dan pusat belanja di sekitar Jalan Thamrin, Jakarta, juga tutup sementara waktu untuk mengantisipasi memburuknya situasi keamanan. Grand Indonesia misalnya hanya buka sampai pukul 15.00 sore tadi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...