Tumbangnya Para Menteri Jokowi di Pileg 2019

Dimas Jarot Bayu
21 Mei 2019, 19:10
Menteri Jokowi gagal dalam PIleg 2019
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) dan bersama menteri Kabinet Kerja menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8).

Hasil rekapitulasi penghitungan suara untuk Pemilu 2019 telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (21/5) dini hari. Dari hasil tersebut, empat dari enam menteri gagal sebagai anggota legislatif yang melenggang ke Senayan.

Setidaknya, ada enam menteri yang saat ini mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, yakni Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo. Lalu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

(Baca: PDIP Menang Pileg 2019 Sebesar 19,3%, Cuma 9 Partai yang Lolos ke DPR)

Hanif, Imam, dan Eko diketahui mencalonkan diri melalui Parta Kebangkitan Bangsa (PKB). Hanif mencalonkan diri di daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat VI, Imam di dapil DKI Jakarta I, dan Eko di dapil Bengkulu.

Lukman melalui Partai Persatuan P embangunan (PPP) mencalonkan diri di dapil Jawa Barat VI. Kemudian Puan melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mencalonkan diri di dapil Jawa Tengah V  diikuti Yasonna yang juga melalui PDIP mencalonkan diri dari dapil Sumatera Utara I.

Selain menteri, ada pula Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi yang ikut mencalonkan diri dalam Pileg 2019. Johan diketahui mencalonkan diri melalui PDIP di dapil Jawa Timur VII.

Di antara barisan menteri dan jubir presiden, hanya Puan, Yasonna, dan Johan yang berhasil mendapatkan kursi di parlemen. Puan diketahui meraih 404.304 suara. Perolehan suara yang dimiliki Puan tak hanya menjadi yang tertinggi di Jawa Tengah, namun juga di seluruh dapil se-Indonesia.

(Baca: PDIP Jawara di Sumut, Yasonna hingga Djarot Syaiful Lolos ke Senayan)

Yasonna mendapatkan 124.848 di dapil Sumatera Utara I. Sedangkan, Johan memperoleh 76.395 suara di dapil Jawa Timur VII.

Sementara itu, Hanif, Imam, Eko, dan Lukman gagal maju ke Senayan. Hanif diketahui hanya mendapatkan 39.366 suara di dapil Jawa Barat VI dan Imam meraih 29.909 suara di dapil DKI Jakarta I.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...