Indonesia-Argentina Incar Peningkatan Perdagangan US$ 3,4 Miliar

Image title
Oleh Ekarina
16 Mei 2019, 09:00
Kerja Sama Dagang, Industri, kerja sama dagang Indonesia dan Argentina
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi. Indonesia dan Argentina sepakat meningkatkan perdagangan sebesar dua kali lipat pada 2021.

Indonesia dan Argentina sepakat meningkatkan perdagangan sebesar dua kali lipat pada 2021. Pemerintah  sendiri tengah mengkaji sejumlah peluang kerja sama yang bisa ditingkatkan seperti pada sektor industri dan infrastruktur.

Kesepakatan tersebut dicapai pada pertemuan bilateral antara Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita dan Menteri Produksi dan Tenaga Kerja Republik Argentina Dante Enrique Sica di Buenos Aires, Argentina.

Advertisement

Enggar mengatakan, Indonesia dan Argentina sependapat bahwa potensi perdagangan kedua negara cukup besar,  kendati nilai perdagangan keduanya saat ini masih relatif rendah. "Kedua negara sepakat meningkatkan perdagangannya hingga dua kali lipat dalam dua tahun ke depan," katanya. 

(Baca: Dibayangi Ketidakpastian Global, RI-Argentina Genjot Kerjasama Dagang)

Pada 2018, nilai perdagangaan Indonesia dan Argentina tercatat sebesar US$ 1,7 miliar. Dengan target peningkatan kerja sama, pada 2021 diharapkan terjadi keseimbangan perdagangan sekitar US$ 3,4 miliar. 

Argentina, menurutnya merespons positif usulan untuk meningkatkan hubungan perdagangan bilateral. Kedua negara merupakan hub pasar regional, baik di ASEAN maupun di kawasan negara Amerika  Latin (Mercosur) yang belum tergarap maksimal potensinya.

(Baca: Tekstil jadi Andalan Pemerintah Tekan Defisit Dagang dengan Argentina)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement