Berkat Impor, Pedagang Diminta Jual Bawang Putih Rp30.000 saat Ramadan

Michael Reily
5 Mei 2019, 10:09
Pedagang bawang putih di Pasar Lhokseumawe, Aceh, Jumat (12/5).
Antara
Pedagang bawang putih di Pasar Lhokseumawe, Aceh, Jumat (12/5).

Pemerintah mengimbau para pedagang pasar menjual bawang putih di kisaran Rp 30 per kilogram (kg) selama Ramadan. Ini dilakukan sejalan dengan bertambahnya pasokan bawang putih impor.  

Pemerintah sebelumnya memutuskan untuk mengimpor 115 ribu ton bawang putih melalui 8 perusahaan swasta. Langkah ini, diharapkan bisa menurunkan harga bawang putih selama Ramadan. Apalagi kebutuhan bawang putih dalam satu bulan hanya sekitar 50 ribu ton.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan importir harus memastikan harga bawang putih sebesar Rp 30 ribu per kilogram di tingkat konsumen akhir. "Stoknya dua kali lipat daripada kebutuhan, kami siapkan selama Ramadan," kata Amran dalam operasi pasar di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (5/5).

(Baca: Kementan Terbitkan Rekomendasi 240 Ribu Ton Impor Bawang Putih)

Selain itu, setiap importir telah menandatangani komitmen untuk menjual bawang putih di bawah Rp 30 ribu per kilogram supaya harga kembali stabil. Saat ini, harga bawang putih masih berada di kisaran Rp 46 ribu per kilogram.

Untuk meredam harga jual, pemerintah bersama importir kembali menggelar operasi pasar dengan menggelontorkan empat kontainer bawang putih yang dijual langsung kepada pedagang pasar, pedagang eceran, serta konsumen. Satu truk kontainer berkapasitas sekitar 30 ton.

Selain di Jakarta, Amran menuturkan, operasi pasar bawang putih juga dilakukan di kota besar lain seperti Surabaya, Medan, Makassar, serta kota yang memiliki pintu masuk pelabuhan. "Harga harus turun, barang akan masuk terus," ujarnya.

Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tuti Prahastuti menjelaskan pihaknya akan terus mengawasi harga barang di tingkat konsumen.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...