Alfamart Incar Pertumbuhan Penjualan 15% selama Ramadan dan Lebaran

Image title
Oleh Ekarina
12 April 2019, 17:08
Alfamart, Penjualan retail, kenaikan penjualan jelang Ramadan, Lebaran, pertumbuhan retail
ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), pemilik jaringan retail Alfamart menargetkan kenaikan penjualan 15% pada periode Ramadan dan Lebaran 2019.

Pengusaha retail mulai bersiap menyambut bulan suci Ramadan yang jatuh awal Mei mendatang. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), pemilik jaringan retail Alfamart menargetkan kenaikan penjualan 15% pada periode Ramadan dan Lebaran 2019.

Pertumbuhan itu diharapkan bisa tercapai seiring meningkatnya penjualan beberapa produk makanan minuman yang banyak dikonsumsi saat bulan suci dan Lebaran seperti sirup, biskuit dan gula pasir.

Advertisement

(Baca: Genjot Penjualan, Alfamart Rambah Toko Virtual)

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan, saat Ramadan, penjualan Alfamart rata-rata tumbuh  15% atau naik dua kali lipat dibanding  penjualan bulan biasa yang hanya sekitar 8,5%. "Target pertumbuhan itu tak jauh berbeda yang kami alami saat Ramadan setiap tahunnya. Harapannya tahun ini tetap tumbuh doubel digit," katanya kepada Katadata.co.id beberapa waktu lalu.

Adapun peningkatan penjualan produk makanan minuman biasanya melonjak signifikan dua pekan sebelum Lebaran. Karena itu, perusahaan sudah mulai menyiapkan stok barang dua pekan sebelum puasa. Namun, penyediaan stok ini menurutnya situasional, tergantung pada besarnya permintaan. "Stok sudah mulai kami lakukan, tapi disesuaikan saja dengan kebutuhan sehingga tak berlebihan," katanya.

(Baca: Alfamart Suntik Modal Rp 25 Miliar ke Anak Usaha)

2019, Pertumbuhan Retail Capai 10%

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta sebelumnya menyatakan Ramadan dan Lebaran merupakan salah satu momentum yang paling ditunggu pengusaha retail. Karena, periode tersebut saat dimana konsumsi masyarakat meningkat dan mendongkrak penjualan peretail

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement