Unilever Pangkas Belanja Modal Jadi Rp 1,1 Triliun

Image title
Oleh Ekarina
4 April 2019, 18:43
Unilever
Arief Kamaludin|KATADATA
Unilever pangkas belanja modal pada 2019.

Emiten produsen barang konsumsi, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR)  menganggarkan belanja modal (capital expanditure/capex) tahun ini sebesar Rp 1,1 triliun. Jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan dengan nilai investasi yang dianggarkan tahun lalu sebesar Rp 1,5 triliun.

Meskipun dana yang dianggarkan sebesar Rp 1,5 triliun, tapi yang terealisasi hingga akhir tahun lalu sekitar Rp 1,1 triliun. "Capex tahun lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya. Lebih moderat," kata Sancoyo Antarikso, Governance & Corporate Affairs Director PT Unilever Tbk (UNVR) di Jakarta, Kamis (4/4).

(Baca: Unilever Indonesia Cetak Penjualan Rp 31,5 Triliun pada Kuartal III)

Sancoyo mengatakan investasi tahun ini akan digunakan untuk menenambahan kapasitas pabrik dan alat distribusi penjualan seperti es krim kabinet serta mendukung dana program yang terkait keberlanjutan bisnis. Penambahan kapasitas pabrik menurutnya akan diutamakan untuk pabrik yang utilisasinya hampir mencapai 80%. 

"Kami memerlukan banyak capex salah satunya untuk segmen produk ice cream seiring dengan inovasi yang kami lakukan, " kata Sancoyo.

Pabrik ini menurutnya melakukan ekspansi pada 2012, sehingga memerlukan tambahan kapasitas. 

Unilever Kembangkan E-Commerce

Kendati enggan menyebut target penjualan 2019,  perseroan menyatakan cukup optimistis dengan pertumbuhan bisnis Unilever.

Untuk meningkatkan pemasaran produk tahun ini, perusahaan berencana memperkuat penjualan ke segmen e-commerce  seiring  dengan meningkatnya tren digital dan sosial media beberapa waktu terakhir. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...