Menpar: Harga Tiket Pesawat Mahal, Wisatawan Batalkan Perjalanan

Rizky Alika
19 Maret 2019, 03:00
wisatawan
ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
Wisatawan mengantre naik kapal cepat (fast boat) antarpulau tujuan Bali di Pelabuhan Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Menteri Pariwisata Arif Yahya mengatakan kenaikan harga tiket pesawat domestik  memengaruhi jumlah kunjungan wisawatan, terutama turis domestik. Hal itu ditunjukkan dengan maraknya pembatalan pembelian tiket pesawat ke kawasan wisata.  

Arief mengatakan, mahalnya harga tiket menyebabkan ratusan penumpang pesawat membatalkan rencana perjalanannya."Sejumlah penumpang domestik juga memilih transit di luar negeri terlebih dahulu untuk melakukan perjalanan antar kota di dalam negeri. Sebab, tarif yang ditawarkan lebih murah," kata Arief di kantor Bank Indonesia, Senin (18/3).

(Baca: Pemerintah Targetkan Devisa Pariwisata Capai US$ 17,6 Miliar)

Selain itu, imbas lain dari berkurangnya wisawatan adalah pada berkurangnya tingkat keterisian pengunjung hotel (okupansi), seperti di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang turun hingga 20%.

Namun demikian, Arief meyebut untuk kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), menurutnya, tidak terpengaruh secara langsung. yaitu bagi wisman yang mengunjungi bbeberapa wilayah di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...