13 Negara Larang Boeing 737 Max 8 Terbang, Ini Daftarnya

Sejumlah negara kompak menerapkan kebijakan larangan terbang bagi pesawat Boeing 737 Max 8.
Image title
Oleh Ekarina
13 Maret 2019, 12:36
Ethiopian Airlines
ETHIOPIAN AIRLINES
Pesawat Boeing B-737 MAX milik Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan ET 302 mengalami kecelakaan sesaat setelah lepas landas dari Ibu Kota Ethiopia Addis Ababa menuju Ibu Kota Kenya Nairobi. Sebanyak 157 penumpang menjadi korban, termasuk satu warga negara Indonesia (WNI)

Peristiwa kecelakaan yang menimpa pesawat Ethiopian Airliness dengan tipe pesawat Boeing 737 Max 8, Minggu (10/3) lalu menimbulkan kecemasan bagi sebagian besar kalangan industri penerbangan internasional. Sebab, ini merupakan kecelakaan Boeing 737 Max 8 yang kedua kali  selang lima bulan sebelummya kecelakaan serupa juga terjadi pada pesawat Lion Air di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Menanggapi hal tersebut, sejumlah negara mulai kompak menetapkan kebijakan pelarangan terbang pesawat milik pabrikan Amerika Serikat itu. Berikut daftarnya, seperti yang dilansir dari Business Insider, Rabu (13/3).

1. Jerman

Otoritas Jerman melarang 737 Max 8 berada di wilayah udara negara itu pada hari Selasa (12/3) waktu setempat.Namun, seorang wakil kementerian transportasi Jerman mengatakan kepada Reuters bahwa tidak ada maskapai pnerbangan Jerman yang menggunakan 737 Max 8.

Advertisement

2. Tiongkok

Otoritas penerbangan Tiongkok pada Senin pagi waktu setempat mengatakan telah mengeluarkan pemberitahuan untuk mendaratkan semua pesawat Boeing 737 Max 8 yang digunakan oleh maskapai domestik guna merespons kecelakaan yang Ethiopians Airlines sehari sebelumnya.

Sebuah pernyataan yang diposting di situs web Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok mengatakan bahwa kesamaan antara kecelakaan Ethiopian Airlines dan Lion Air telah menyebabkan kekhawatiran negaranya terhadap pesawat Boeing.

(Baca: Prancis, Turki, dan Uni Eropa Ikut Larang Penerbangan Boeing 737 MAX 8)

3. Inggris

Langkah serupa juga diterapkan Inggris. Pada Selasa (12/3), negara ini melarang 737 Max 8 dari wilayah udara sampai pemberitahuan lebih lanjut.

“Otoritas Penerbangan Sipil Inggris telah memantau situasi dengan cermat. Namun, karena saat ini kami tidak memiliki informasi yang cukup dari pencatat data penerbangan yang kami miliki, sebagai tindakan pencegahan, kami mengeluarkan instruksi untuk menghentikan penerbangan penumpang komersial dari operator yang datang maupun yang akan berangkat ataupun yang terbang di lintasan udara Inggris, ”kata seorang perwakilan dari agen Inggris.

4.Prancis

Otoritas penerbangan sipil Prancis DGAC pada Selasa (12/3) mengumumkan pihaknya ikut melarang pesawat Boeing 737 MAX dari wilayah udaranya. "Sebagai tindakan pencegahan, melarang penerbangan komersial pada Boeing 737 MAX ke, dari atau di wilayah Perancis," kata DGAC.

5. Belanda

Belanda mengikuti negara-negara Eropa lainnya dalam melarang 737 Max 8 dari wilayah udaranya pada Selasa (12/3).

6. Turki

Turki juga menangguhkan penerbangan Boeing 737 Max 8, Rabu (13/3). Langkah pemerintah itu juga diikuti maskapai penerbangan Turkish Airlines (THY) yang akan melarang operasional penerbangan 13 unit pesawat Boeing 737 MAX dalam armadanya mulai hari ini.

(Baca: Imbas Jatuhnya Pesawat Ethiopian Air, Harga Saham Boeing Anjlok 5%)

7. Australia

Pada Selasa (12/30, Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil Australia melarang semua pesawat Boeing 737 Max 8 terbang ke atau dari negara itu.

"Ini adalah penangguhan sementara sementara, kami menunggu informasi lebih lanjut untuk meninjau risiko keselamatan operasi lanjutan dari Boeing 737 MAX," direktur keselamatan penerbangan CASA, Shane Carmody kepada The Sydney Morning Herald.

8. Indonesia

Regulator keselamatan udara Indonesia mengatakan akan menghentikan semua penerbangan yang melibatkan pesawat mulai Selasa (12/3).

9. Singapura

Singapura menangguhkan semua pesawat Boeing 737 Max, tidak terbatas untuk tipe Max 8 saja. Pemerintah Singapura juga melarang penerbangan yang masuk maupun keluar kawasan negara itu, kata Otoritas Penerbangan Sipil Singapura dikutip dari laporan The Straits Times.

Karena, beberapa maskapai seperti SilkAir, China Southern Airlines, Garuda Indonesia, Shandong Airlines, dan Thai Lion Air sering terbang ke Bandara Changi Singapura, dan semuanya mengoperasikan beberapa pesawat 737 Max.

10. India

Kementerian Penerbangan Sipil India juga bertindak tegas melalui pengumuman yang meminta pesawat Boeing 737-Max untuk didaratkan segera. "Pesawat-pesawat ini akan di-grounded sampai modifikasi yang tepat dan langkah-langkah keselamatan dilakukan untuk memastikan operasi mereka yang aman," kata Kementerian Penerbangan Sipil India.

(Baca: Australia dan Singapura Juga Terapkan Larangan Terbang Boeing 737 Max8)

11. Irlandia

Irlandia akan bergabung dengan negara-negara Eropa lainnya dalam melarang pesawat dari wilayah udara.

12. Oman

Otoritas penerbangan sipil Oman pada Selasa pagi mengatakan pihaknya menangguhkan penerbangan 737 Max masuk dan keluar dari semua bandara di negara itu sampai pemberitahuan lebih lanjut.

13. Uni Eropa

Badan Keamanan Penerbangan Uni Eropa (EASA) pada Selasa (12/3) kemarin menangguhkan operasi penerbangan pesawat model Boeing 737 MAX 8 dan Max 9 di kawasan Benua Biru. Larangan ini mulai berlaku pada Selasa pukul 19.00 GMT.

Selain negara tadi, sejumlah maskapai juga menempuh langkah serupa dengan menghentikan sementara operasional penerbangan pesawat Boeing 737 Max 8. Berikut rinciannya menurut Business Insider :

1. Aeromexico (8 unit armada)
2. Gol Airlines (121 unit armada)
3. Norwegian Air
4. Cayman Airways
5. Comair
6. Eastar Jet
7. TUI (15 unit armada)
8. Royal Air Maroc
9. Jet Airways (5 unit armada)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait