13 Negara Larang Boeing 737 Max 8 Terbang, Ini Daftarnya

Image title
Oleh Ekarina
13 Maret 2019, 12:36
Ethiopian Airlines
ETHIOPIAN AIRLINES
Pesawat Boeing B-737 MAX milik Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan ET 302 mengalami kecelakaan sesaat setelah lepas landas dari Ibu Kota Ethiopia Addis Ababa menuju Ibu Kota Kenya Nairobi. Sebanyak 157 penumpang menjadi korban, termasuk satu warga negara Indonesia (WNI)

Peristiwa kecelakaan yang menimpa pesawat Ethiopian Airliness dengan tipe pesawat Boeing 737 Max 8, Minggu (10/3) lalu menimbulkan kecemasan bagi sebagian besar kalangan industri penerbangan internasional. Sebab, ini merupakan kecelakaan Boeing 737 Max 8 yang kedua kali  selang lima bulan sebelummya kecelakaan serupa juga terjadi pada pesawat Lion Air di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Menanggapi hal tersebut, sejumlah negara mulai kompak menetapkan kebijakan pelarangan terbang pesawat milik pabrikan Amerika Serikat itu. Berikut daftarnya, seperti yang dilansir dari Business Insider, Rabu (13/3).

1. Jerman

Otoritas Jerman melarang 737 Max 8 berada di wilayah udara negara itu pada hari Selasa (12/3) waktu setempat.Namun, seorang wakil kementerian transportasi Jerman mengatakan kepada Reuters bahwa tidak ada maskapai pnerbangan Jerman yang menggunakan 737 Max 8.

2. Tiongkok

Otoritas penerbangan Tiongkok pada Senin pagi waktu setempat mengatakan telah mengeluarkan pemberitahuan untuk mendaratkan semua pesawat Boeing 737 Max 8 yang digunakan oleh maskapai domestik guna merespons kecelakaan yang Ethiopians Airlines sehari sebelumnya.

Sebuah pernyataan yang diposting di situs web Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok mengatakan bahwa kesamaan antara kecelakaan Ethiopian Airlines dan Lion Air telah menyebabkan kekhawatiran negaranya terhadap pesawat Boeing.

(Baca: Prancis, Turki, dan Uni Eropa Ikut Larang Penerbangan Boeing 737 MAX 8)

3. Inggris

Langkah serupa juga diterapkan Inggris. Pada Selasa (12/3), negara ini melarang 737 Max 8 dari wilayah udara sampai pemberitahuan lebih lanjut.

“Otoritas Penerbangan Sipil Inggris telah memantau situasi dengan cermat. Namun, karena saat ini kami tidak memiliki informasi yang cukup dari pencatat data penerbangan yang kami miliki, sebagai tindakan pencegahan, kami mengeluarkan instruksi untuk menghentikan penerbangan penumpang komersial dari operator yang datang maupun yang akan berangkat ataupun yang terbang di lintasan udara Inggris, ”kata seorang perwakilan dari agen Inggris.

4.Prancis

Otoritas penerbangan sipil Prancis DGAC pada Selasa (12/3) mengumumkan pihaknya ikut melarang pesawat Boeing 737 MAX dari wilayah udaranya. "Sebagai tindakan pencegahan, melarang penerbangan komersial pada Boeing 737 MAX ke, dari atau di wilayah Perancis," kata DGAC.

5. Belanda

Belanda mengikuti negara-negara Eropa lainnya dalam melarang 737 Max 8 dari wilayah udaranya pada Selasa (12/3).

6. Turki

Turki juga menangguhkan penerbangan Boeing 737 Max 8, Rabu (13/3). Langkah pemerintah itu juga diikuti maskapai penerbangan Turkish Airlines (THY) yang akan melarang operasional penerbangan 13 unit pesawat Boeing 737 MAX dalam armadanya mulai hari ini.

(Baca: Imbas Jatuhnya Pesawat Ethiopian Air, Harga Saham Boeing Anjlok 5%)

7. Australia

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...