Lion Air Hentikan Sementara Operasional 10 Pesawat Boeing 737 MAX 8

Image title
Oleh Ekarina
12 Maret 2019, 06:39
Lion Air
Arief Kamaludin|KATADATA
Lion Air menghentikan sementara penggunaan Boeing 737 MAX 8.

Maskapai penerbangan Lion Air  menghentikan sementara pengoperasian (temporary grounded) 10 pesawat Boeing 737 MAX 8 yang dimiliki perusahaan saat ini. Penghentian operasi pesawat ini hingga batas waktu yang belum ditentukan. 

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan penghentian ini dilakukan sebagai respons perusahaan atas surat edaran dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan tentang penghentian sementara pengoperasian pesawat Boeing 737 MAX 8.

Advertisement

(Baca: Kemenhub Larang Boeing 737-8 MAX Garuda dan Lion Terbang Sementara)

Lion Air saat ini mengoperasikan 10 unit pesawat Boeing 737 MAX 8. Danang menyatakan selama mengoperasikan pesawat Boeing 737 MAX 8, Lion Air menjalankan dengan mengutamakan prinsip keselamatan dan keamanan penerbangan. Di antaranya dengan mewajibkan pelatihan awak pesawat serta memberikan perawatan pesawat secara konsisten.

"Lion Air terus berkomunikasi dengan DKUPPU (Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara) dalam kaitan menyampaikan informasi serta data-data pengoperasian pesawat Boeing 737 MAX 8," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin malam (12/3).

Lion Air melaksanakan standar operasional prosedur pengoperasian pesawat udara sesuai dengan aturan dan petunjuk dari pabrik pembuat pesawat, termasuk pemeliharaan pesawat, pengecekan komponen pesawat, pelatihan awak pesawat.

 Adapun terkait dampak dari terhentinya operasional pesawat ini, Danang menyebut pereroan beruoaya meminimalisir dampak dari keputusan ini agar operasional penerbangan dapat berjalan dengan baik dan tidak terganggu.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebelumnya menyatakan ikut memantau investigasi terhadap  kecelakaan pesawat Boeing 737-800 MAX milik maskapai Ethiopian Airlines rute Addis Ababa-Nairobi yang jatuh Minggu (10/3) kemarin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement