Kolumbia Masuk jadi Anggota, Optimisme Negara Produsen Sawit Meningkat

Michael Reily
28 Februari 2019, 18:47
Kelapa sawit
Arief Kamaludin|KATADATA
Kebun pembibitan kelapa sawit di Riau.

Perkumpulan Negara Produsen Kelapa Sawit Dunia (CPOPC) mengapresiasi langkah Kolombia yang turut bergabung sebagai negara produsen sawit terbesar keempat dunia. Kehadiran produsen sawit dari Amerika Selatan itu dinilai turut memberi optimisme kepada negara penghasil sawit lainnya yaitu Indonesia dan Malaysia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan tiga anggota CPOPC memiliki kontribusi sebesar 90% dari produksi global. "Kolombia yang masih dalam proses menjadi anggota tetap ikut hadir menambah suara dalam melawan diskriminasi terhadap minyak sawit," kata Darmin di Jakarta, Kamis (28/2).

Advertisement

(Baca: Negara Produsen Sawit Khawatirkan Diskriminasi Uni-Eropa Melalui PBB)

Dia menjelaskan, secara teknis, Kolombia sudah menjadi anggota CPOPC. Namun, butuh proses internal untuk mengesahkan keanggotaan seperti persetujuan dari parlemen negara. Setelah itu, secara resmi CPOPC memiliki tiga negara sebagai anggota tetap.

Optimisme itu juga dirasakan oleh pelaku usaha. Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Kanya Lakshmi Sidarta mengungkapkan Kolombia memberikan tambahan suara. Sehingga, negara produsen sawit menjadi semakin kompak.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement