Impor Pangan dan Utang Diramal Jadi Isu Utama Debat Capres Putaran Dua

Ameidyo Daud Nasution
7 Februari 2019, 19:38
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Perhelatan debat Pilpres 2019 diperkirakan memiliki efek pendongkrak elektabilitas untuk menggaet masyarakat yang belum menentukan atau masih dapat berubah pilihannya.

Debat calon presiden (Capres) putaran kedua antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang digelar pada 17 Februari mendatang diprediksi akan berlangsung lebih menarik. Sebab, ada dua isu hangat yang akan kemungkinan diangkat dalam debat bertema energi, lingkungan hidup, infrastruktur, pangan, dan sumber daya alam tersebut.

Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research Center Djayadi Hanan mengatakan dua isu hangat yang itu di antaranya adalah soal impor pangan dan utang terkait pembangunan infrastruktur. Kedua hal ini memiliki resonansi besar dan kerap jadi perbincangan masyarakat.

"Dugaan saya akan menarik perhatian lebih banyak orang karena dua isu kontroversial," kata Djayadi di Jakarta, Kamis (7/2). 

(Baca: Debat Pilpres Putaran Pertama Tak Menarik, Penonton Minim)

Dia pun memperkirakan pada debat kedua nanti Jokowi akan membekali diri dengan data sebagai petahana, sedangkan Prabowo juga akan memiliki kritikan sendiri. Seperti, eksploitasinya mengenai koordinasi para pembantu presiden dalam isu impor pangan.

Sedangkan perdebatan soal infrastruktur, selain masalah utang , isu lain yang juga akan dibahas yaitu untuk siapa proyek seperti tol dibangun. Dalam hal ini, Djayadi menyebut Jokowi harus memiliki pertahanan yang baik dengan data mengenai tujuan pembangunan. Sedangkan Prabowo akan menantang dengan pendalaman isu-isu tersebut. "Itu yang akan menarik," katanya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...