Jokowi Minta Menteri Susi Percepat Penerbitan Izin dalam Hitungan Jam

Michael Reily
30 Januari 2019, 20:38
Bongkar muat ikan
Donang Wahyu|KATADATA
Aktivitas bongkar muat ikan tak selamanya dilakukan di pelabuhan perikanan samudera Bitung. Sejumlah kapal juga melakukan bongkar muat di dermaga-dermaga kecil yang terdapat di sekitar Bitung.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melakukan percepatan izin dalam hitungan jam. Permintaan itu dilakukan supaya produksi perikanan tangkap dalam negeri bisa meningkat.

"Ke depan, saya minta percepatan izin dalam hitungan jam, masa harus menunggu harian atau bulanan," kata dia di Istana Negara, Rabu (30/1).

Advertisement

Permintaan itu disampaikan Jokowi di depan ratusan pelaku usaha perikanan tangkap yang sedang mengurus perizinan kapal. Tiga izin yang harus dimiliki pengusaha di antaranya adalah Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP), Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI), serta Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan (SIKPI).

(Baca: Pengusaha Perikanan Minta KKP Segera Revisi Pembatasan Ukuran Kapal)

Jokowi menekankan, aturan tentang izin perikanan tangkap diharapkan bisa menjadi awal mula peningkatan produksi. Sebab, dia tak ingin produksi Indonesia tertinggal daripada negara tetangga seperti Thailand dan Vietnam.

Penerbitan izin tersebut harusnya bisa dipermudah,  karena perikanan tangkap di laut Indonesia sudah terbebas dari kapal asing. "Sekarang itu sudah jamannya internet of things, virtual reality, semua serba digital," ujar Jokowi.

Adapun ketika mengkonfirmasi mengenai kecepatan izin, pengusaha perikanan tangkap asal Indramayu, Suwarto mengatakan  bahwa perizinan memakan waktu sekitar satu bulan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement