Fluktuasi Ekonomi, Penjualan Mobil Ditargetkan Tumbuh Moderat 1,1 Juta

Ameidyo Daud Nasution
24 Januari 2019, 20:40
GIIAS 2017
Arief Kamaludin|KATADATA
Stand pamer mobil Toyota di ajang GIIAS 2017, Kamis, (10/08)

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperkirakan penjualann kendaraan tahun ini akan tumbuh moderat di kisaran 1,1 juta unit. Target itu ditetapkan seiring dengan kondisi perekonomian dalam negeri maupun dampak ekonomi global yang diprediksi fluktuatif tahun ini.

Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto target penjualan kendaraan tahun ini yang sebesar 1,1 juta relatif sedikit lebih rendah dari realisasi penjualan tahun lalu yang mamou menembus angka 1,15 juta unit atau tumbuh  6,3% dari 2017. 

Meski pemerintah telah mematok pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3% alias naik dari proyeksi tahun lalu yang hanya 5,17%, pihaknya lebih memilih memasang target aman.

"Tapi kalau realisasinya bisa 1,2 juta kami senang," kata Jongkie di Jakarta,Kamis (24/1).

(Baca: Penjualan Mobil 2018 Tembus Target 1,1 Juta Unit, Toyota Pimpin Pasar)

Sebab, beberapa faktor eksternal dikhawatirkan dapat mempengaruhi penjualan mobil. Beberapa di antaranya seperti kondisi nilai tukar rupiah hingga pelemahan komoditas dunia yang bisa mempengaruhi penjualan kendaraan niaga. Sementara terkait tahun politik, dia tidak melihatnya sebagai hambatan yang  membuat potensi penjualan kendaraan tersendat.

"Faktor lain yang mempengaruhi penjualan seperti suku bunga acuan Bank Indonesia kami harap tidak naik atau (bunga) kredit (kendaraan bermotor) bisa naik," kata Jongkie.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...