Kebutuhan Gula Naik 6% Terkerek Geliat Industri Makanan dan Farmasi

Michael Reily
16 Januari 2019, 11:12
Gula kristal
Katadata/Arief Kamaludin
Pedagang tengah mengemasi gula pasir kedalam kantong plastik di pasar di kawasan Jakarta.

Kementerian Perindustrian memproyeksikan kebutuhan gula kristal rafinasi untuk industri makanan dan minuman serta industri farmasi akan mengalami peningkatan sebesar 6% per tahun. Kenaikan itu diprediksi terjadi seiring dengan pertumbuhan kedua industri yang mencapai 7% setiap tahun.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono menyatakan momen Pemilihan Umum (Pemilu) akan mendorong pertumbuhan industri, khususnya makanan  minuman byang diperkirakan bisa mencapai 8% pada 2019.

Advertisement

"Ekgiatan Pileg dan Pilpres yang digelar serentak bakal mendorong lonjakan terhadap konsumsi produk makanan dan minuman," kata Sigit dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (16/1).

(Baca: Naik 19%, Kementan Targetkan Produksi 2,5 Juta Ton Gula pada 2019)

Sementara itu, Sigit juga memperkirakanlaju  pertumbuhan industri farmasi mampu menembus 10% pada tahun ini. Selain melalui peningkatan investasi, program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) membantu pertumbuhan industri. 

Untuk mendorong keberlanjutan produksi, Kementerian Perindustrian berupaya terus memastikan ketersediaan bahan baku gula bagi kedua sektor. Sebab, sektor manufaktur menurutnya secara konsisten mampu memberikan nilai tambah bahan baku dalam negeri, menyerap tenaga kerja lokal, dan mendorong penerimaan devisa dari ekspor. Alhasil, perekonomian nasional juga akan terdorong.

Oleh karenanya, kementerian juga merekomendasikan impor gula mentah untuk kemudian diolah menjadi gula kristal rafinasi. Pada 2018, tercatat realisasi penyaluran gula impor untuk industri makanan minuman serta farmasi mencapai sebesar 3 juta ton dari hasil impor sebesar 3,2 juta ton.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement