Penjualan Lesu, Hero Tutup 26 Gerai dan PHK 532 Karyawan

Michael Reily
13 Januari 2019, 17:05
Hero
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana Supermarket Hero di kawsan Permata Hijau, Jakarta Utara (14/1). PT Hero Supermarket Tbk (HERO) terpaksa harus menutup sebanyak 26 gerainya baik yang terdiri dari gerai Giant dan Hero serta harus memangkas sebanyak 523 karyawan.

PT Hero Supermarket Tbk (HERO) melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 532 karyawan menyusul penutupan 26 gerai yang berada di bawah grup perusahaan. Langkah pengurangan karyawan itu akhirnya ditempuh, sebagai upaya efisiensi akibat menurunnya penjualan HERO sepanjang 2018.

Corporate Affairs General Manager Hero Tony Mampuk menyatakan perusahaan telah menerapkan strategi yang mendukung keberlanjutan bisnis dengan memaksimalkan produktivitas kerja melalui proses efisiensi. 

"Dari 532 karyawan yang terdampak kebijakan efisiensi tersebut, 92% karyawan telah menerima dan menyepakati untuk mengakhiri hubungan kerja serta telah mendapatkan hak sesuai UU Nomor 13 tentang ketenagakerjaan," kata Tony dalam siaran pers, dikutip Sabtu (13/1).

(Baca: Beralih ke Gerai Kecil, IKEA Akan Pangkas 7.500 Karyawan)

Tony menjelaskan Hero mengalami penurunan total penjualan sebesar 1% hingga kuartal III 2018 menjadi Rp 9,94triliun, dibanding periode yang sama 2017 sebesar Rp 9,96 triliun. Penurunan itu terutama disebabkan oleh penjualan bisnis makanan yang lebih rendah daripada tahun sebelumnya. Meskipun untuk bisnis nonmakanan diakuinya tetap menunjukkan pertumbuhan yang kuat.

Sedangkan pada kuartal III 2018, penjualan bisnis makanan juga diketahui turun 6% yang mengakibatkan kerugian operasi sebesar Rp 163 miliar, lebih tinggi dibanding  kerugian pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 79 miliar. 

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...