Pemerintah Bidik Ekspor Industri Furnitur Rp 71 Triliun

Image title
Oleh Ekarina
11 Januari 2019, 10:33
Meubel Kayu
Antara Foto/Syifa Yulinnas
Seorang pekerja sedang menyelesaikan pembuatan meubel berbahan baku kayu di salah satu industri meubel di Aceh Timur. Ekspor meubel saat ini cukup menjadi andalan pemerintah.

Pemerintah menargetkan ekspor furnitur nasional naik mencapai US$ 5  miliar  atau setara  Rp 71 triliun (kurs Rp 14.200 per dolar Amerika Serikat) dalam dua tahun ke depan. Target tersebut diharapkan tercapai seiring dengan peningkatan pasar ekspor dan pengembangan produk menjadi lebih kompetitif.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mendorong agar produk hasil industri furnitur dapat diekspor ke beberapa pasar utama, seperti Amerika Serikat.

Advertisement

"Pemerintah mendorong agar industri berorientasi ekspor seperti furnitur ini, produk sepenuhnya diekspor ke Amerika. Salah satu cara untuk meningkatkan ekspor adalah dengan kapasitas," kata Menteri Airlangga usai meresmikan Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu di Kawasan Industri Kendal (KIK) Jawa Tengah, Kamis (10/1).

(Baca: Kawasan Industri Kendal Serap 5.000 Pekerja Sepanjang Tahun Ini)

Menurut dia, industri furnitur merupakan salah satu sektor strategis dalam menopang perekonomian nasional, karena bersifat padat karya dan berorientasi ekspor.

Kemenperin mencatat pada periode Januari-Oktober 2018, neraca perdagangan produk furnitur nasional surplus sebesar  US$ 99,1 juta dengan nilai ekspor sebesar US$ 1,4 miliar, tumbuh 4,83% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement