Pengaruh Global, Kemendag Targetkan Ekspor 2019 Tumbuh Moderat 7,5%

Michael Reily
10 Januari 2019, 16:40
Pelabuhan ekspor
Katadata

Kementerian Perdagangan menargetkan pertumbuhan ekspor nonmigas tahun ini tetap melaju di kisaran 7,5% menjadi US$ 175,9 miliar dari proyeksi ekspor non migas tahun lalu sebesar US$ 163,6 miliar. Target pertumbuhan tersebut relatif sama dengan  pertumbuhan tahun lalu seiring dengan kondisi perekonomian global. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) ekspor nonmigas Januari-November 2018 sebesar US$ 150,14 miliar, tumbuh 7,47% dibandingkan periode yang sama tahun 2017. Padahal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) menargetkan ekspor tumbuh sebesar 8,5%.

Advertisement

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan pemerintah memasang target ekspor moderat di tengah tantangan ekonomi global dan domestik. "Terjadi perlambatan pada pertumbuhan ekonomi dunia, sehingga permintaan berkurang," kata Enggar di Jakarta, Kamis (10/1).

(Baca: Tak Capai Target, Mendag Prediksi Pertumbuhan Ekspor 2018 hanya 7,5%)

Menurutnya,  perekonomian global saat ini hanya tumbuh  3,7%, sementara volume perdagangan dunia hanya meningkat 4%. Demikian halnya dengan proyeksi impor negara maju hanya tumbuh 4% dan negara berkembang naik 4,8%.

Namun di tengah tantangan perekonomian negara dunia yang sedang melambat saat ini, target pertumbuhan 7,5% menurutnya cukup optimistis. Ke depan,  Kementerian Perdagangan masih akan melakukan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) untuk mematangkan target ekspor. 

Rakernas Kementerian Perdagangan itu pun rencananya bakal digelar pada bulan Februari mendatang. "Kami akan mendiskusikan target ekspor dengan para pelaku usaha dan pemangku kepentingan lain," ujar Enggar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement