Realisasi Program Satu Juta Rumah Lampaui Target

Image title
Oleh Ekarina
9 Januari 2019, 10:32
Perumahan
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Pekerja menyelesaikan pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) untuk Nelayan di Desa Kedungmalang, Kedung, Jepara, Kamis (20/7). Sebanyak 200 rumah bantuan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk Nelayan setempat tersebut pembangunannya sudah mencapai 55 persen.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan Program Satu Juta Rumah (PSR) mencapai target dengan realisasi pembangunan per 31 Desember 2018 sebanyak  1,13 juta unit. Dengan capaian tersebut, pemerintah berharap dapat memperkecil kesenjagan kebutuhan dan pembangunan rumah (backlog).

"Program ini diharapkan dapat memperkecil backlog hunian di Indonesia yang pada  2015 mencapai 7,6 juta unit menjadi 5,4 juta unit pada  2019," kata Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid di Jakarta, Rabu (8/1).

Advertisement

(Baca: Kementerian PUPR Targetkan Realisasi Sejuta Rumah Capai 1,1 Juta Unit)

Program Satu Juta Rumah merupakan kolaborasi antara para pemangku kepentingan di bidang perumahan mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, asosiasi pengembang perumahan antara lain REI dan Apersi, perbankan, perusahaan swasta melalui kegiatan corporate social responsibility (CSR) dan masyarakat.

Hamid mengatakan dalam penyediaan hunian, kemampuan pemerintah melalui dana APBN hanya sekitar 20% terutama untuk rumah masyrakat berpenghasilan rendah (MBR). Kemudian sekitar 30% berasal dari subisidi KPR dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

"Sisanya merupakan rumah yang dibangun oleh masyarakat secara swadaya dan pengembang perumahan secara formal," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement