Tak Capai Target, Mendag Prediksi Pertumbuhan Ekspor 2018 hanya 7,5%

Michael Reily
7 Januari 2019, 16:32
ekspor
Katadata

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memprediksi realisasi pertumbuhan ekspor nonmigas sepanjang 2018 hanya akan mencapai 7,5%. Angka tersebut berada di bawah target yang ditetapkan Kementerian Perdagangan sebelumnya yakni sebesar 11%.

Enggar mengatakan pihaknya mencoba realistis dengan situasi saat ini. Dia pun menyebut capaian 7,5% masih berada di atas target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 6,8%. "Saya mau realistis saja, tidak sesuai target," kata dia di Jakarta, Senin (7/1).

(Baca: Prospek Perdagangan 2019: Dihantui Perang Dagang dan Tekanan Ekspor)

Enggar juga menyebut realisasi ekspor nonmigas yang diprediksi 7,5% sudah cukup baik karena telah melampaui Rencana Kerja Pemerintah (RKP) sebagai syarat menggaet pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2%.

Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya melaporkan ekspor nonmigas sepanjang Januari hingga November 2018 tumbuh sebesar 7,47% dibandingkan Januari sampai November 2017.

Untuk mengantisipasi dampak tekanan ekonomi global terhadap defisit neraca perdagangan, pemerintah juga telah menggelar Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) pada 20 Desember lalu. Salah satu strategi pemerintah adalah peningkatan ekspor produk jadi dalam jangka pendek untuk industri tekstil dan otomotif.

Ekonom Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan perang dagang tidak akan mengubah tren pelambatan ekonomi global tahun depan. Sehingga, Amerika Serikat dan Tiongkok bakal mengurangi permintaan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...