Petani Minta Kuota Impor Garam Tahun Depan Dikurangi

Michael Reily
18 Desember 2018, 17:04
garam langka
ANTARA FOTO/Saiful Bahri
Petani memanen garam di lahan garam konvensional di Desa Bunder, Padewamu, Pamekasan, Jawa Timur, Selasa (25/7). Harga garam di tingkat petani di Madura tahun ini mencapai Rp3,3 juta hingga Rp3,5 juta per ton.

Asosiasi Petani Garam Rakyat Indonesia (APGRI) meminta pemerintah mengurangi alokasi impor garam pada 2019.  Alasannya, dengan produksi garam  tahun depan yang diperkirakan  mencapai 2,4 juta ton atau sama dengan  realisasi tahun ini, maka hasil produksi garam tersebut dinilai mampu memenuhi kebutuhan industri.

Ketua Umum APGRI Jakfar Sodikin menyatakan kuota impor garam tahun ini sudah sangat berlebihan. "Jika impor garam tahun depan sesuai kebutuhan atau minimal 2,5 juta ton, harga garam akan stabil," kata Jakfar kepada Katadata.co.id, Selasa (18/12).

(Baca: Panen Garam Rakyat Terasa Pahit Akibat Serbuan Impor)

Tahun ini, pemerintah memutuskan untuk menerbitkan kuota impor garam sebanyak 3,7 juta ton untuk memenuhi kebutuhan garam nasional yang diprediksi mencapi 3,9 juta ton. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan,  per November realisasi impor baru mencapai 2,17 juta ton dari persetujuan impor 3,1 juta ton.

Jakfar mengatakan impor yang berlebihan akan membuat harga garam di tingkat petani anjlok. Pada akhir tahun, harga garam di wilayah Jawa Timur mencapai Rp 1.200 hingga Rp 1.400 per kilogram untuk kualitas standar.

Adapun tahun depan, produksi garam bakal sama dengan volume produksi 2018 sebesar 2,4 juta ton.  Target tersebut bisa dicapai jika ditunjang dengan tiga faktor, seperti El Nino yang semakin mendekat ke perairan Indonesia, tanda pasang air laut yang tinggi pada bulan purnama, serta pemakaian geomembrane yang semakin banyak oleh petambak.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...