Berkah Perang Dagang, Perakit iPhone akan Pindahkan Pabrik ke Batam

Image title
Oleh Ekarina
7 Desember 2018, 06:58
iphone apple
Arief Kamaludin|KATADATA

Ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok berdampak terhadap industri manufaktur Tiongkok. Perusahaan perakit ponsel pintar (smartphone) Iphone, Pegatron dikabarkan berencana memindahkan produksinya ke Indonesia untuk menghindari pengenaan tarif impor AS dalam beberapa bulan ke depan.

Dilansir dari Nikkei Asian Review, pabrikan elektronik yang berbasis di Taiwan ini tengah mempersiapkan diri merelokasi produksi non-Iphone serta perangkat pintar lainnya yang saat ini diketahui menyumbang hampir US$ 1 miliar terhadap pendapatan tahunan perseroan ke sebuah pabrik yang disewa di Batam. Pegatron akan menyewa pabrik yang dapat mempekerjakan 8.000 hingga 10.000 pekerja. Menurut sebuah sumber yang mengetahui rencana itu, investasi itu akan dimulai bulan ini dengan target produksi penuh pada 2019.

Advertisement

(Baca: Apple Jadi Perusahaan Teknologi Pertama dengan Valuasi US$ 1 Triliun)

Perang dagang menambah tekanan terhadap sejumlah produsen manufaktur Tiongkok, di samping tekanan lain yang tengah dihadapi seperti naiknya upah pekerja di Negeri Tirai Bambu serta kurangnya jumlah tenaga kerja. Kondisi ini juga disebut-sebut menyebabkan pesaing Pegatron, Winstron, produsen Apple Watch Quanta Computer and Compal, dan pembuat AirPods Inventec dikabarkan juga berencana mengalihkan produksinya ke wilayah lain.

Keputusan Pegatron untuk mendiversifikasi bisnisnya keluar dari Tiongkok kabarnya juga tak akan berubah meskipun baru-baru ini terjadi gencatan senjata antara para pemimpinTiongkok dan AS pada pertemuan G-20 lalu.

"Pertemuan Trump-Xi tidak akan mempengaruhi langkah strategi Pegatron," kata sumber itu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement