Jokowi Minta Balai Latihan Kerja Di Pesantren Dibangun Awal 2019

Ameidyo Daud Nasution
5 Desember 2018, 19:41
Pendidikan Vokasi
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Sejumlah siswa SMK Prakarya Internasional (PI) membongkar mesin sepeda motor di SMK PI, Bandung, Jawa Barat, Selasa (4/9). Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan pemerintah mengalokasikan anggaran pendidikan vokasi senilai Rp 17,2 triliun pada tahun 2019 sebagai bagian dari program revitalisasi pendidikan vokasi untuk peningkatan kualitas SDM dalam menghadapi dunia kerja.

Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Ketenagakerjaan membuka Balai Latihan Kerja (BLK) di pondok pesantren pada Januari  2019. Hal ini dilakukan sebagai  salah satu langkah pemerintah untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Dalam Sidang Kabinet Paripurna yang digelar siang tadi,  Jokowi membahas sejumlah  program Sumber Daya Manusia (SDM) yang juga menjadi sasaran utama pemerintah setelah infrastruktur. 

Karenanya, Jokowi juga memberi arahan Menteri untuk memasukkan agenda peningkatan kualitas SDM sebagai rencana kerja tahun depan, seperti pembangunan 1.000 BLK di pesantren awal tahun depan. "Januari harus bisa dimulai," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/12).

(Baca: Jokowi Benahi Pendidikan Vokasi Untuk Kurangi Pengangguran Lulusan SMK)

Selain itu, masih terkait pengembangan SDM dia juga memberi arahan bagi kementerian lain seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengeluarkan sertifikasi tenaga konstruksi lebih banyak. Sedangkan untuk Kementerian Pertanian, Jokowi meminta kementerian tersebut mengirim Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) ke Taiwan.

"Saya kira hubungan Kementan dengan Taiwan juga bagus," kata dia.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...