Akses Produk RI pada Perjanjian Dagang Jepang Temui Titik Terang

Michael Reily
4 Desember 2018, 20:51
Pelabuhan ekspor
Katadata

Produk pertanian dan perikanan yang menjadi kepentingan utama Indonesia dalam rangka  perluasan akses pasar ke Jepang akhirnya menemui titik terang. Hal itu diketahui setelah agenda General Review yang diadakan Indonesia dan Jepang terkait Perjanjian Kemitraan Ekonomi (IJEPA) dalam pertemuan ke-10 di Jepang yang digelar 26 hingga 29 November 2018. 

Pada pertemuan itu, delegasi Indonesia dipimpin Direktur Perundingan Bilateral Kementerian Perdagangan, Ni Made Ayu Marthini sedangkan Delegasi Jepang dipimpin Deputi Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Jepang, Keiya Lida.

“Sebagaimana kesepakatan kedua negara untuk menyelesaikan GR-IJEPA secepat mungkin di tahun ini, pertemuan Komite Bersama ke-10 telah menunjukkan adanya titik temu serta kemajuan yang cukup signifikan dalam mencapai landing zone perundingan GR-IJEPA dengan hasil yang seimbang,” kata Made dalam keterangan resmi, Selasa (4/12).

(Baca: Indonesia Bahas Isu Sawit dalam Review Perjanjian Dagang dengan Jepang)

Made mengungkapkan, Indonesia juga membahas isu kelapa sawit dan memperjuangkan agar sertifikasi kelapa sawit Indonesia atau Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) dapat diakui Pemerintah Jepang. Selanjutnya, delegasi kedua negara akan bertemu kembali pada awal 2019 untuk menyelesaikan outstanding issues.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...