Bentuk Usaha Patungan, Alfamart Perdalam Ekspansi di Filipina

Image title
Oleh Ekarina
26 Oktober 2018, 15:00
Alfamart Lanjutkan Ekspansi
Arief Kamaludin / Katadata
Stand Alfamart di area pameran

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) memperkuat penetrasi bisnis retailnya di Filipina. Melalui anak usahanya, pemilik jaringan ritel Alfamart ini bersama perusahaan retail lokal di sana membentuk usaha patungan yang begerak di bidang properti dan penyedia lahan.

Anak usaha Sumber Alfaria, yakni Alfamart Retail Asia Pte. Ltd (ARA) bersama dengan SM Retail Inc mendirikan perusahaan patungan yang bernama DC Properties Management Corp (DPCM).

"Dalam pembentukan perusahaan patungan ini, SM Retail Inc. akan mengenggam 60% saham, sementara ARA 40%," kata Sekretaris Perusahaan Sumber Alfaria Tomin Widian dalam keterangan resmi kepada Bursa Efek Indonesia, Jumat (26/10).

(Baca: Dorong Efisiensi, Alfamart Pangkas Belanja Modal Jadi Rp 2,3 Trilun)

Tomin mengatakan DPCM didirikan berdasarkan hukum negara Republik Filipina. Nantinya, perusahaan patungan ini akan bergerak dalam bidang penyediaan lahan untuk pusat distribusi gerai-gerai Alfamart di Filipina. Namun, dia tidak merinci nilai investasi maupun modal yang disuntik ke dalam perusahaan tersebut.

Alfamart mulai melenggang di Filipina pada pertengahan 2014. Perusahaan melirik Filipina dibanding negara Asia Tenggara lainnya karena memiliki persamaan karakteristik pasar dengan Indonesia.

Ekspansi Alfamart dimulai melalui skema joint venture bersama mitra lokal di sana dengan mendirikan pusat distribusi logistik. Di awal kemunculannya, Alfamart hanya memiliki sekitar 21 gerai di Filipina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...