Mendag Percepat Perundingan Perjanjian Dagang Kawasan Bebas Eropa

Michael Reily
2 Oktober 2018, 18:35
ekspor
Katadata

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita bertolak ke Swiss untuk membahas finalisasi perjanjian perdagangan Indonesia-Eropa Free Trade Zone (EFTA) dalam Indonesia-Uni Eropa Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA). Kedua perundingan akan membuka akses pasar  produk Indonesia ke negara Eropa seperti Swiss, Norwegia, Islandia, dan Liechtenstein.

Enggar menjelaskan pertemuan dengan Menteri Ekonomi Federal (Federal Councillor) Swiss Johann N. Schneider Ammann untuk membahas sejumlah poin sebelum memfinalisasi perundingan CEPA di Bali pada 28 hingga 31 Oktober mendatang. "Kami sepakat akan mengawal penyelesaian perundingan CEPA agar  dapat tercapai di Bali," katanya dalam keterangan resmi dari Zurich, Swiss, Selasa (2/10).

Menurutnya, Indonesia secara konsisten akan memperjuangkan kepentingan berbagai isu, termasuk juga dalam perundingan negara EFTA. Sehingga, penyelesaian isu harus difinalisasi dengan kesepakatan kedua pihak dalam konsesi negosiasi.

(Baca : Negosiasi Panjang Perjanjian Dagang RI-Australia Akhirnya Rampung)

Selanjutnya, ketua juru runding kedua delegasi akan bertemu kembali membahas isu-isu terakhir, dan diharapkan dapat membuahkan kesepakatan final bagi kedua pihak.

Enggar menegaskan Indonesia konsisten dalam perjanjian IE-CEPA sebagai negara yang siap berkompetisi dengan negara lain. Indonesia berupaya aktif mengintervensi pasar  di tengah  sentimen negatif  dan aksi proteksionis beberapa negara di belahan dunia saat ini.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...