Pemerintah Dorong Peningkatan Kerja Sama Perdagangan Indonesia-AS

Michael Reily
28 September 2018, 14:17
Pelabuhan ekspor
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta pengusaha Amerika Serikat (AS) untuk meningkatkan perdagangan bilateral. Alasannya, kedua negara yang memiliki populasi besar, namun hanya mencatat neraca perdagangan sebesar US$ 28 miliar.

Enggar menyebutkan, total ekspor Indonesia ke AS tahun lalu hanya sebesar US$ 21,1 miliar atau hanya berkontribusi sebesar 0,86% terhadap total impor AS. "Kita bisa tingkatkan kemitraan di berbagai sektor yang potensinya besar," katanya dalam pidato di depan America Chamber di Jakarta, Kamis (27/9).

Selain itu, AS yang menjadi mitra dagang kedua Indonesia hanya menyumbang 5,2% dari total impor Indonesia tahun lalu yang mencapai US$ 156 miliar. Sehingga, dia mendorong direalisasikannya road map perdagangan Indonesia dan AS yang mencapai US$ 50 miliar.

(Baca : Nego Fasilitas Bea Masuk, RI-AS Naikan Transaksi Dagang US$ 50 Miliar)

Ekspor Indonesia ke AS akan mendukung industri di negara berjuluk Negeri Paman Sam itu. Sedangkan sebagian bahan baku hasil ekspor Indonsia juga berasal dari bahan baku dari AS. Dengan demikian, kerja sama tersebut akan menguntungkan keduanya,  contohnya untuk produk kapas yang diimpor dari AS akan dikirim lagi dalam bentuk komoditas tekstil.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...