Menteri Susi Sebut Penghematan Anggaran KKP Capai Rp 9 Triliun

Michael Reily
21 September 2018, 18:19
Susi Pudjiastuti
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan penghematan anggaran sekitar Rp 9 triliun sejak 2015. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pun mengimbau pejabat kementerian dan lembaga lain melakukan hal serupa.

Susi mengatakan penghematan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) bisa mencapai Rp 400 triliun jika dilakukan secara serentak. “Kalau semua sadar, ini bisa dilakukan,” katanya di Jakarta, Jumat (21/9).

Advertisement

Dia menyebutkunci penghematan itu antara lain dengan membuat anggaran yang efektif dan efisien  atau disebutnya sebagai program  Susinisasi. Dia berujar program tersebut bertujuan agar pengeluaran KKP menjadi lebih tepat dapat dipertanggungjawabkanserta mengutamakan kepentingan para pelaku usaha dengan penggunaan nomenklatur yang jelas.

(Baca : Susi Minta Eksportir Perikanan Bisa Curi Kesempatan pada Perang Dagang)

Susi juga konsisten untuk memimpin langsung pengendalian anggaran. Seperti yang dilakukam pada Januari ketika ada proses penilaian anggaran yang dilanjutkan pada Juni ketika KKP mengevaluasi serapan dan efektivitas program berjalan, serta pada Desember evaluasi program dan persiapan untuk tahun berikutnya.

"Baru terasa dua tahun terakhir setelah kita sesuaikan penurunan dan penambahannya," ujarnya.

Hasilnya, dia menyebut pada 2015, pihaknya berhasil menghemat anggaran sebesar Rp 1,09 triliun dari Rp 10,59 triliun. Kemudian pada 2016 ada penghematan Rp 2,93 dari pagu Rp 13,8 triliun yang kembali dirampingkan sebesar Rp 3,06 triliun dari Rp 10,91 triliun. Tahun lalu, ada efisiensi Rp 1,2 triliun dari anggaran Rp 9,29 triliun. Terakhir, tahun ini KKP juga mengkalim berhasil menghemat sekitar Rp 1 triliun.

Penghematan itu yang dilakukan dengan mengurangi kegiatan pendukung, efisiensi ongkos tiap unit, sinergi kegiatan antar-Direktorat Jenderal serta bersinergi  dengan kementerian dan lembaga lain dalam penyelenggaraan kegiatan. KKP juga melakukan efisiensi pada pos perjalanan dinas dan pertemuan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement