Bersihkan Pesisir Bali, KKP Kumpulkan 841 Kg Sampah

Michael Reily
20 September 2018, 17:30
sampah
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Wisatawan mancanegara membawa papan selancar di dekat tumpukan sampah yang terdampar di Pantai Kuta, Badung, Bali, Selasa (21/3).

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Ocean Conservancy menggelar kegiatan International Coastal Cleanup (ICC) atau pembersihan pesisir pantai di Bali, 15 September lalu. Hasilnya, kegiatan yang diikuti oleh 1.287 orang tersebut berhasil mengumpulkan  sebanyak 841,53 kilogram sampah.

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP Brahmantya Satyamurti menyatakan sampah yang terkumpul akan dicatat dalam indeks sampah laut Ocean Conservancy dengan basis data sampah laut terbesar di dunia. Ribuan kegiatan bersih laut serupa juga akan diselenggarakan serentak di seluruh dunia.

(Baca : Jumlah Sampah Plastik di Lautan Ditargetkan Berkurang 70% pada 2025)

“Kami menyambut baik kerja sama yang dapat mengajak berbagai pemangku kepentingan untuk turut serta dalam  kegiatan yang berdampak nyata terhadap pantai dan laut,“ kata Brahmantya dalam keterangan resmi dari Bali, Kamis (20/9).

Menurutnya, perairan Indonesia saat ini sudah dalam fase darurat sampah plastik yang dapat memengaruhi kesehatan satwa air dan manusia dan perekonomian lokal. Sampah plastik juga berpotensi menarik dan memusatkan polutan air laut di sekitarnya sehingga semakin membahayakan.

Kegiatan yang diselenggarakan untuk menyambut Our Ocean Conference yang digelar di Bali pada 29 dan 30 Oktober mendatang ini sudah menjadi tradisi yang berhasil membersihkan sebanyak 113 juta kilogram (250 juta pon) sampah dari berbagai pantai dan jalur air sejak 1986.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...