Memanas, Tiongkok Balas Serang AS dengan Tarif Impor Rp 888 Triliun

Image title
Oleh Ekarina
19 September 2018, 10:23
Trump
REUTERS/Kevin Lamarque/ANTARA FOTO

Kebijakan Presiden Donald Trump yang akan mengenakan tarif baru atas hampir seluruh barang impor Tiongkok sebesar US$ 200 miliar pada 24 September mendatang langsung menyulut reaksi keras dari negeri tirai bambu. Pemerintah Tiongkok menyebut siap membalas tarif baru yang dikenakan Trump dengan mengenakan tarif 5%-10% untuk produk AS mulai dari gandum hingga tekstil.

Dilansir dari Bloomberg, Beijing berencana mengenakan tarif US$ 60 miliar atau sekitar Rp 888 triliun untuk komoditas AS, termasuk pula di antaranya bea masuk tambahan 5% untuk sekitar 1.600 jenis produk AS seperti pesawat terbang kecil, komputer dan tekstil, dan tambahan 10% untuk lebih dari 3.500 barang termasuk bahan kimia, daging, gandum, anggur dan gas alam cair (liquid natural gas/LNG).

Dalam pengumuman sebelumnya pada Agustus lalu, produk-produk itu diperkirakan akan menghadapi tarif ekstra hingga 25%.

(Baca : Trump Kenakan Tarif Baru Rp 2.960 Triliun atas Produk Impor Tiongkok)

Ketegangan hubungan dagang AS dan Tiongkok meningkat setelah pada Senin (17/9) waktu setempat, Presiden Donald Trump mengumumkan akan memungut tarif 10% atau sekitar $ 200 miliar untuk barang-barang Tiongkok. Trump juga mengancam akan mengenakan tarif tambahan US$ 267 miliar pada tahun depan jika Beijing menolak untuk menawarkan konsesi perdagangan dan kembali melakukan serangan tarif untuk kelompok petani dan industri AS.

Ketua Dewan Penasihat Ekonomi Trump Kevin Hassett berharap pembicaraan AS-Tiongkok masih bisa berlangsung. Kedua belah pihak mengindikasikan masih ada ruang untuk mencapai kesepakatan perdagangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...