Empat Raksasa Korporasi Korea Komitmen Terus Investasi di Indonesia

Dimas Jarot Bayu
10 September 2018, 20:28
Pabrik baja
Agung Samosir | Katadata

Empat perusahaan manufaktur asal Korea Selatan memastikan komitmennya untuk tetap berinvestasi di Indonesia. Komitmen investasi itu akan direlisasikan baik melalui proyek baru maupun yang telah berjalan saat ini.

Keempat perusahaan manufaktur itu, yakni Lotte Group, Posco E&C, Cheil Jedang (CJ) Group, dan Hyundai Group.  Komitmen investasi disampaikan keempatnya saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Seoul, Senin (10/9) pagi.

Advertisement

"Di dalam pertemuan itu, yang dibicarakan mengenai peningkatan investasi dan perkembangan investasi yang sedang berjalan,” ujar Airlangga.

(Baca : Korea Selatan Akan Berinvestasi Rp 81,7 Triliun di Indonesia)

Saat ini, kata Airlangga, Hyundai telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU)  terkait rencana investasinya ke depan. Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Hyundai akan berinvestasi di dua proyek, yakni PLTA Teunom-2 dan 3 di Aceh Jaya, Aceh dan pabrik kimia (VCM dan PVC) di Merak, Banten.

Hyundai bakal bekerja sama dengan PT Terregra Asia Energy Tbk di PLTA Teunom-2 dan 3. Nilai investasi di proyek tersebut mencapai US$ 800 juta.

Sementara pada pabrik kimia di Merak, Hyundai akan bekerja sama dengan PT Suffindo Adiusaha. Adapun, nilai investasi di pabrik kimia tersebut mencapai US$ 200 juta.

“Untuk Hyundai mereka sudah menandatangani MoU mengenai rencana investasinya,” kata Airlangga.

(Baca: Bahas Investasi Hyundai, Presiden Bertolak ke Korea Selatan)

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement