Pemerintah Optimistis Capai Target Produksi Garam 1,5 Juta Ton

Michael Reily
4 September 2018, 10:04
Petani Garam
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Di tingkat petani harga garam berada pada kisaran Rp3000 per kilogram untuk kualitas standar, sementara untuk kualitas super Rp4000 per kilogram, harga yang fantastis untuk sekilogram garam, padahal di tahun sebelumnya hanya Rp300 per kilogram.

Pemerintah menyatakan optimistis bisa mencapai target produksi garam sebesar 1,5 juta ton tahun ini, seiring dengan masuknya masa panen. Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) , produksi garam nasional secara keseluruhan mencapai 572.808 ton.

Produksi garam rakyat mencapai 431.155 ton, sedangkan hasil produksi dari PT Garam baru mencapai 572.808 ton. “Target perkiraan produksi masih 1,5 juta ton,” kata Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP Brahmantya Satyamurti kepada Katadata, Selasa (4/9).

Brahmantya menjelaskan, produksi garam meningkat pesat pada Agustus lalu. Pada 9 Agustus kemarin misalnya, produksi garam rakyat telah mencapai 151.000 ton dan PT Garam sebesar 101.000 ton. Sehingga total, produksi garam pada periode tersebut mencapai 251.000 ton.

Dia mengaku, hasil panen sudah mulai terlihat, terutama untuk program intensifikasi di Indramayu, Jawa Barat dan musim panen yang masih terus berlangsung diharapkan bisa  meningkatkan jumlah produksi garam.

“Panas mataharinya kan juga mundur,” ujar Brahmantya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...