Bahas Investasi Hyundai, Presiden Akan Bertolak ke Korea Selatan

Michael Reily
3 September 2018, 16:55
Pabrik Mobil Sokon
Arief Kamaludin|Katadata
Seorang pekerja di pabrik mobil Sokon.

Presiden Joko Widodo (Joko Widodo) berencana bertolak ke Korea Selatan guna membahas sejumlah isu penting terkait peningkatan investasi dan ekspor Indonesia. Sejumlah menteri di bidang perekonomian pun diminta menyiapkan bahan agar kunjungan presiden membuahkan hasil yang maksimal dan  mencapai target yang diinginkan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan salah satu investasi yang sedang disasar pemerintah dari perusahaan Negeri Ginseng, adalah investasi pembangunan pabrik milik perusahaan otomotif Hyundai.

“Perkembangan dari sana belum ada, presiden akan ke sana untuk berkomunikasi supaya lebih jelas,” kata Darmin di Jakarta, Senin (3/9).

Dia mengakui sebelumnya sudah ada permintaan dan pembicaraan tak resmi dari Hyundai tentang investasi, meski detailnya masih belum jelas. Oleh karena itu, kunjungan presiden ke negeri ginseng mesti dipersiapkan secara matang agar bisa mencapai target di bidang investasi.

(Baca : Dari Toyota hingga VW, Perusahaan Otomotif Berlomba Danai Taksi Online)

Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menuturkan pemerintah sudah menyiapkan berbagai insentif pajak untuk perusahaan asing yang berinvestasi di Indonesia. Untuk investasi otomotif seperti Hyundai, ada pula pembahasan terkait penyediaan insentif Pajak Penghasilan Barang Mewah (PPnBM) di tingkat Kementerian Keuangan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...