Indonesia Bahas Isu Sawit dalam Review Perjanjian Dagang dengan Jepang

Michael Reily
13 Agustus 2018, 11:12
Pelabuhan Ekspor
Katadata

Indonesia membawa serta isu kelapa sawit dalam pertemuan putaran kedelapan  General Review Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) yang akan digelar pada  pada 8 hingga 10 Agustus 2018 di Tokyo, Jepang.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo menyatakan Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO)  akan menjadi salah satu isu yang akan dibahas Indonesia dalam pertemuan tersebut yang bertujuan agar industri sawit dalam negeri dapat diakui oleh Jepang.

“Pertemuan di Tokyo ini merupakan komitmen kedua negara untuk mempercepat penyelesaian General Review IJEPA sesuai rencana kerja,” kata Iman dalam keterangan resmi dari Jepang.

(Baca : Indonesia Pacu Ekspor Desain Produk ke Jepang)

Indonesia berfokus untuk perluasan akses pasar produk potensial khususnya sektor perikanan, industri, pertanian, dan kehutanan. Selain itu, pemerintah juga menawarkan proposal baru kepada pihak Jepang trekait kerja sama di bidang industri manufaktur dan tekstil, logam dan permesinan, pertanian, serta tenaga kerja kesehatan.

Iman mengaku optimistis peningkatan perdagangan dan investasi dapat membuahkan hasil kerja sama saling menguntungkan sampai General Review selesai. Tujuh subkomite yang dikaji lebih detail antara lai mencakup isu perdagangan barang, perdagangan jasa, investasi, ketentuan asal barang (ROO), perpindahan orang perseorangan (MNP), kerja sama dan pengadaan barang/jasa pemerintah, serta pertemuan informal isu perbaikan lingkungan usaha dan peningkatan kepercayaan bisnis.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...