Pengusaha Sebut Produksi Ayam dan Telur Cukup Hingga 5 Tahun ke Depan

Michael Reily
26 Juli 2018, 19:58
Peternakan Ayam
Antara
Permintaan daging ayam terus meningkat

Gabungan Perusahaan Pembibitan Unggas (GPPU) menyatakan produksi ayam dan telur dalam negeri cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga lima tahun ke depan. Sebab, kapasitas produksi perusahaan peternakan ayam di Indonesia sudah melebihi permintaan, sehingga hanya butuh kebijakan dari pemerintah untuk mengendalikan jumlah pasokan.

Sekretaris Jenderal GPPU Chandra Gunawan mengatakan  kapasitas terpasang produksi ayam berjenis grand parent (GP) saat ini bisa mencapai 800 ribu hingga 900 ribu ekor per tahun. Sedangkan, peternakan indukan ayam atau parent stock (PS) sebesar 33 juta sampai 39 juta ekor per tahun.

Potensi produksi akhir full stock (FS) ayam usia sehari (Daily Old Chicken/DOC) mencapai 4,5 miliar ekor per tahun atau 87 juta ekor per pekan. “ Kami optimistis produksi peternakan dalam negeri mampu memenuhi kebutuhan sampai 5 tahun ke depan,” kata Chandra di Jakarta, Kamis (26/7).

(Baca : Mentan Gelar Operasi Pasar untuk Tekan Harga Telur)

Namun demikian, pengaturan pasokan dan permintaan juga mesti dilakukan secara cermat untuk menjaga harga agar tetap stabil. Di samping itu, diperlukan juga penanganan khusus dari pemerintah ketika terjadi lonjakan permintaan, seperti yang terjadi pada saat libur panjang Lebaran kemarin. 

“Loncatan permintaan mendadak yang tinggi setelah Lebaran tidak bisa diimbangi dengan produksi,” ujarnya.

Alasannya, ayam dan telur merupakan makhluk hidup sehingga peningkatan produksi  tidak bisa dipaksakan secara mendadak.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...