Permintaan Hewan Kurban pada Idul Adha Tahun Ini Diprediksi Naik 5%

Michael Reily
26 Juli 2018, 17:05
Ekspor Domba
ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meninjau domba disela pelepasan ekspor perdana domba di Instalasi Karantina Hewan Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, Jawa Timur, Kamis (28/6). Menteri Pertanian melepas ekspor sekitar 2.100 ekor domba jantan ke Malaysia dengan total domba yang akan diekspor secara berkala dalam setahun sebanyak 60.000 ekor.

Kementerian Pertanian menyatakan kebutuhan hewan kurban untuk Idul Adha  tahun ini naik sekitar 5% dibandingkan jumlah pemotongan tahun 2017. Tahun ini, permintaan untuk hewan kurban sebesar 1,5 juta ekor.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita menjelaskan  pihaknya telah melakukan langkah antisipasi lonjakan kebutuhan hewan kurban menjelang Idul Adha tiga pekan mendatang. 

“Kami telah berkoordinasi dengan dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan di seluruh provinsi, sehingga kebutuhan hewan tersebut dijamin bisa dipenuhi  dari peternak lokal,” kata Ketut kepada Katadata, Kamis (26/7).

Menurut data Kementerian Pertanian, total kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha tahun ini mencakup 462 ribu ekor sapi, 10.344 ekor kerbau, 793 ribu ekor kambing dan 238 ribu ekor domba. 

(Baca :  Perusahaan Indonesia Ekspor Perdana 60 Ribu Domba ke Malaysia)

Selain kebutuhan hewan hidup, Ketut juga menyebut bahwa permintaan daging sapi segar selama Idul Adha juga diperkirakan meningkat. Karena itu pihaknya juga telah melakukan antisipasi peningkatan permintaan dengan melakukan koordinasi dengan peternak.  

Menurut catatannya, hingga 20 Juli 2018, stok sapi bakalan siap potong diperkiran telah tersedia sebanyak 30.170 ekor. Sedangkan sapi bakalan yang sedang dalam proses penggemukan jumlahnya mencapai 140.344 ekor.

“Kebutuhan itu dipasok dari sapi bakalan siap potong yang ada di kandang penggemukan,” ujar Ketut.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...