Minim Pasokan, Harga Cabai Melonjak di Pasar

Michael Reily
21 Juli 2018, 09:00
Cabai
Arief Kamaludin | Katadata

Harga jual komoditas cabai beberapa hari terakhir mengalami lonjakan cukup signifikan. Menurut Kementerian Perdagangan, kenaikan antara lain disebabkan oleh minimnya jumlah pasokan dari beberapa daerah yang belum memasuki masa panen. 

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti menyatakan pihaknya telah melakukan penelusuran untuk mencari tahu penyebab kenaikan cabai rawit merah,  rawit hijau serta cabai merah keriting.

“Naiknya karena belum panen sehingga suplai berkurang,” kata Tjahya di Jakarta, Jumat (20/7). 

(Baca : Harga Cabai dan BBM Non-Premium Sebabkan Inflasi Maret 0,2%)

Selain itu, dia pun mengatakan telah bertemu dengan asosiasi petani cabai untuk memastikan penyebab kenaikan harga. Berdasarkan laporan yang diterima, harga jual cabai diperediksi akan turun secara bertahap karena masa panen akan terjadi dalam waktu dekat. Sehingga pihak pemerintah tampaknya belum berencana melakukan intervensi harga sebagaimana yang sebelumnya dilakukan untuk menekan harga jual telur.

Tjahya juga menyakan terus berkoordinasi dengan Direktorat Jenderah Hortikultura Kementerian Pertanian. “Petani binaan Kementerian Pertanian sudah melakukan antisipasi, tapi sepertinya belum bisa memenuhi permintaan masyarakat,” ujarnya.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...