Operasi Pasar, Mentan Targetkan Tekan Harga Telur di Bawah Rp 26 Ribu

Michael Reily
19 Juli 2018, 16:30
Operasi Pasar Mentan
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (kanan) didampingi Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi (kedua kiri) memeriksa telur ayam yang akan didistribusikan untuk operasi pasar di Toko Tani Indonesia Centre, Jakarta Selatan, Kamis (19/7).

Kementerian Pertanian menggelontorkan telur ayam sebanyak 100 ton pick up atau setara dengan 160 ton telur ayam dalam operasi pasar yang digelar hari ini, Kamis (19/7) di sejumlah pasar yang tersebar di 50 titik di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).  Lewat operasi pasar tersebut dia menargetkan harga telur ayam bisa kembali normal pada pekan depan. 

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan harga telur ayam dalam operasi pasar itu dijual sebesar Rp 19.500 per kilogram (kg), jauh lebih murah dibandingkan rata-rata harga jual di DKI Jakarta yang saat ini masih berada di kisaran Rp 28.500 per kg.

Menurut Amran,  pasokan telur cukup untuk menghadapi permintaan masyarakat. Namun operasi pasar rencananya tetap akan digelar hingga harga telur stabil sesuai target di bawah Rp 26 ribu per kg di tingkat konsumen. 

Beberapa daerah yang butuh pasokan telur tambahan adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jambi.

(Baca : .Mentan Gelar Operasi Pasar untuk Tekan Harga Telur)

“Surat edaran telah kami kirimkan kepada Kepala Dinas Pangan Provinsi,” kata Amran di Jakarta, Kamis (19/7).

Amran mengungkapkan alasan kenaikan harga telur salah satunya karena adanya  pemain tengah pada rantai distribusi telur yang  ingin mengambil keuntungan besar. “Disparitasnya bisa mencapai 60%,” ujarnya.

Atas lonjakan harga telur yang cukup signifikan itu, Kementerian Perdagangan pada Senin (16/7) lalu juga telah mengultimatum  pelaku usaha telur ayam untuk menurunkan harga dalam sepekan.  Intervensi itu dilakukan untuk menekan lonjakan harga telur ayam. Sebab,  harga acuan telur ayam dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 58 Tahun 2018 sebesar Rp 22 ribu per kilogram.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...