Pencabutan Insentif Bea Masuk Impor AS Berpotensi Merugikan Indonesia

Michael Reily
12 Juli 2018, 17:51
Pelabuhan Bitung
Dok. KPPIP
Aktivitas pelabuhan Bitung.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pencabutan insentif bea masuk impor (Generalized System of Preferences /GSP) oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) berpotensi merugikan perdagangan Indonesia dan menurunkan ekspor. Dengan adanya insentif tersebut, bea masuk ke AS menjadi lebih rendah karena ada pemangkasan pos tarif hingga 3.547 Harmonized System (HS).

Pemerintah berupaya  bernegosiasi dan melobi AS untuk memenuhi uji kelayakan penerimaan fasilitas GSP oleh AS. Tujuannya, tak lain agar Indonesia bisa tetap mendapatkan fasilitas insentif GSP.

Advertisement

Darmin mengatakan, pemerintah  akan bertolak ke Washington DC, AS, pada 23 Juli mendatang. "Karena rencana pencabutan insentuf tarif  ini dampaknya terhadap ekspor cukup besar, hampir 50% untuk produk dapat fasilitas," katanya di Jakarta, Kamis (11/7) malam.

Dia pun menjelaskan pemerintah telah mengirimkan dokumen kepatuhan atau submisi sebagai bahan pembelaan ke pihak  Amerika Serikat (AS) sampai batas waktu  17 Juli 2018. Namun, langkah tersebut juga akan  disertai dengan negosiasi  dengan perundingan  terbuka. Tim yang tergabung dari Eselon I  beberapa kementerian dan lembaga rencanan juga akan bertemu dengan pihak United State Trade Representative (USTR) di Singapura, pada 17 Juli 2018.

(Baca : Ancaman Pencabutan Potongan Bea Masuk Impor AS Tak Berdampak Besar)

Menurutnya,  sejumlah dokumen berisi data, saran, dan penawaran serta pembelaan Indonesia terhadap kritik AS akan disampaikan pada pertemuan tersebut. Darmin juga menyebutkan ada perbedaan data defisit perdagangan AS dengan Indonesia. AS mencatat Indonesia surplus US$ 14 miliar, sedangkan catatan pemerintah surplusnya hampir US$ 9 miliar.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement