Susi Dukung Inovasi Kapal Bambu Pertama di Dunia

Michael Reily
3 Juli 2018, 12:19
Nelayan ikan
Arief Kamaludin|KATADATA
Deretan kapal nelayan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meresmikan peluncuran kapal berbahan dasar bambu laminasi pertama di dunia, Minggu, (1/7) lalu. Inovasi kapal bambu bernama Kapal Baito Deling dikembangkan oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Susi mengatakan pemerintah siap membantu sertifikasi Kapal Baito Deling jika nantinya akan diproduksi secara masal. Dia berharap kapal bambu bisa menjadi produk  percontohan yang dimanfaatkan oleh nelayan. “Sebuah pilihan di tengah mahalnya kapal berbahan baku kayu dari nelayan,” kata Susi dalam keterangan resmi yang diterima Katadata, Selasa, (3/7).

Advertisement

Menurutnya, bambu memiliki nilai ekonomis yang tinggi untuk sebuah inovasi produk. Terlebih lagi kapal, yang biasanya biaya untuk  pembuatannya cukup mahal. Karenanya Susi berharap, produk ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya yang berprofesi sebagai nelayan.  Dia juga mendorong kapal ikan harus buatan Indonesia sehingga bisa menguntungkan masyarakat.

(Baca : Jadi Tuan Rumah Konferensi Laut Dunia, Susi Punya Misi Khusus)

Ketua Tim Baito Deling Research dari ITS, Heri Supomo,  mengatakan kelangsungan industri kecil menengah (IKM) galangan kapal berbahan kayu menjadi tidak menentu akibat tingginya harga jual kayu di pasaran. Penyebabnya, penebangan liar yang disertai reboisasi akan berdampak pada kelangkaan kayu dan tingginya harga kapal kayu di  pasar.

Oleh karena itu, ITS melakukan terobosan dengan mengganti material kayu dengan  bambu pada proses pembuatan kapal tangkap dengan  penelitian  yang tekah dimulai sejak 2012. “Kapal ini mampu menekan biaya hingga 60%, sehingga menjadikan bambu berpotensi menjadi material alternatif  di masa mendatang,” ujar Heri.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement