Mentan Klaim Alat Mesin Pertanian Mampu Tekan Biaya Produksi Gabah

Michael Reily
5 Juni 2018, 17:30
Petani
ANTARA FOTO/Rahmad
Petani memanen butiran padi (gabah) di Desa Kandang, Lhokseumawe, Aceh, Kamis (23/3).

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyebut  bantuan alat dan mesin pertanian yang diberikan pemerintah diklaim telah mampu menekan biaya produksi gabah dan beras petani. Meskipun faktanya, harga gabah di lapangan saat ini masih tinggi atau berada di atas kisaran Harga Pembelian Pemerintah (HPP).

Sepanjang tahun ini Kementerian Pertanian mendapatkan anggaran sebesar Rp 23,8 triliun untuk mendukung program  peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai (Pajale) dan rempah-rempah. Sebagian dari pagu anggaran tersebut juga dialokasikan untuk pengadaan alat dan mesin pertanian.

Advertisement

Menurut Amran,  hingga saat ini  pihaknya telah merealisasikan pengadaan sekitar 74.750 unit alat dan mesin prapanen atau mencakup 63,23% dari total target bantuan 118.217 unit alat dan permesinan. Sementara, untuk alat mesin pertanian pascapanen, jumlah yang sudah terealisasi saat ini telah mencapai 5.279 unit  atau sekitra 56,12% dari target bantuan 9.407 unit.

(Baca :  Sejumlah Kalangan Kritik Rencana Kebijakan Harga Acuan Beras Medium)

Amran mengatakan optimalisasi alat mesin pertanian secara otomatis akan menggenjot peningkatan produksi. “Modernisasi dan mekanisasi akan memicu produktivitas pertanian menjadi lebih tinggi,” kata dia di Jakarta, Selasa (5/6).

Dengan produktivitas yang tinggi, menurutnya serapan gabah setara beras Bulog bisa mencapai rata-rata 14 ribu ton per hari. Sehingga, target penyerapan 400 ribu ton bisa dicapai hanya dalam waktu 20 hari.

Adapun  produksi padi menurutnya,  dapat terus meningkat jika ditunjang oleh  bibit dan pupuk yang diberikan pemerintah kepada petani. Penggunaaan bibit unggul dan pupuk secara  tepat bisa meningkatkan indeks penanaman sehingga biaya produksi dapat ditekan.

Amran pun menuturkan  bahwa saat ini  harga gabah sudah mencapai rata-rata Rp 4.500 rupiah per kilogram. Namun angka tersebut masih di atas harga pembelian pemerintah  (HPP) untuk gabah kering panen (GKP) petani yang telah dipatok sebesar Rp 3.700 per kilogram. 

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement