Asian Games Diprediksi Mengerek Penjualan Retail Hingga 20%

Michael Reily
23 Mei 2018, 20:24
Venue Asian Games 2018
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno yang dipersiapkan untuk perlombaan cabang atletik 18th Asian Games Invitation Tournament di Senayan, Jakarta, Jumat (9/2). Cabang atletik yang mempertandingkan 40 nomor tersebut akan digelar mulai 11 hingga 14 Februari 2018.

Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) memprediksi perhelatan Asian Games 2018 yang diadakan di Indonesia mampu mengerek penjualan retail hingga 20%. Pengusaha meminta pemerintah agar lebih banyak melibatkan peran sektor swasta untuk berpartisipasi dalam ajang olahraga terbesar di Asia tersebut.

Ketua Bidang Komunikasi Aprindo Fernando Repi mengatakan meski ada potensi peningkatan, namun kenaikan penjualan memang diakuinya tidak sebesar saat Ramadan dan Lebaran yang  bisa mencapai 40%. “Mungkin karena Asian Games  hanya dilakukan di dua kota, Jakarta dan Palembang,” katanya di Jakarta, Rabu (23/5).

(Baca : Jokowi Minta Promosi Asian Games 2018 Ditambah)

Dia menjelaskan, pemerintah seharusnya menggalakkan pameran Usaha Kecil dan Menengah untuk memperkenalkan budaya Indonesia saat gelaran Asian Games di Jakarta dan Palembang. Selain mendorong nilai transaksi, pameran juga memicu peningkatan konsumsi di daerah sekitarnya.

Selain itu, pemerintah juga dinilai harus aktif mengajak pihak swasta untuk mempromosikan Asian Games 2018 supaya masyarakat semakin antusias. Lomba promosi seperti penjualan merchandise oleh retail bakal memicu keterlibatan swasta dalam upaya sosialiasi pemerintah.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...