Cek Produksi Lokal, Bulog Belum Datangkan Beras Impor Tambahan

Michael Reily
17 Mei 2018, 17:05
Budi Waseso
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Budi Waseso saat rapat dengar pendapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyatakan tidak akan mendatangkan beras impor tambahan sebesar 500 ribu ton dalam waktu dekat. Terlebih dahulu, Bulog akan menghitung data produksi beras dengan sejumlah pihak, seperti Kementerian Pertanian dan Badan Pusat Statistik (BPS). 

“Menteri Pertanian mengatakan sedang surplus. Sekarang saya hitung daerah mana saja yang surplus dengan kemampuan gudang Bulog,” kata pria yang kerap disapa Buwas ini di Jakarta, Kamis (17/5).

Belum jelas kapan  target waktu penyelesaian penghitungan data produksi  itu rampung. Tapi dia berharap bisa menyelesaikan secepatnya. (Baca : Impor Beras Ditambah Lagi, Petani Pertanyakan Data Produksi Kementan)

Selain itu, Buwas mengaku belum menerima surat penugasan dari pemerintah untuk mengimpor beras tahap kedua sebanyak 500 ribu ton. Padahal, Kementerian Perdagangan menyatakan telah menerbitkan izin impor. Dengan begitu, total beras impor yang didatangkan pemerintah jumlahnya mencapai 1 juta ton.

Budi  mengatakan, pertimbangan impor beras harus  disesuaikan dengan jumlah kebutuhan. Impor beras yang terlalu besar dapat membebani Bulog sebagai importir. Selain beban pada penugasan, Bulog juga harus menyediakan kapasitas gudang yang besar untuk menampung stok impor.

"Saya akan lihat dulu. Apa benar perlu impor sebesar itu. Kalau ternyata cuma butuh 100 ribu ton, buat apa impor 500 ribu ton?” kata Buwas.

Sebelumnya, kebijakan pemerintah terkait penambahan kuota impor beras  500 ribu ton menuai reaksi  petani dan pedagang. Kalangan petani mempertanyakan data produksi beras dan padi, padahal sebelumnya Kementerian Pertanian menyebut stok beras surplus. Sedangkan pedagang menganggap  impor  masih dalam batas wajar asal tidak dilakukan saat musim panen.

(Baca Juga : Kemendag Akui Ada Tambahan Impor Beras 500 Ribu Ton)

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...