Australia dan AS Beri Peringatan Keamanan Pascaledakan Bom Surabaya

Image title
Oleh Ekarina
14 Mei 2018, 12:22
wisatawan
ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
Wisatawan mengantre naik kapal cepat (fast boat) antarpulau tujuan Bali di Pelabuhan Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Sejumlah negara melalui situs resminya merilis peringatan keamanan dan travel advice (saran berpergian), pascaledakan bom yang terjadi di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur pada Minggu, 13 Mei 2018.

Mengutip dari situs resmi Smartraveller Australia Goverment Department of Foreign Affairs and Trade menyebut warga Australia terus diingatkan akan risiko yang semakin meningkat dari serangan lebih lanjut menjelang dan selama Ramadan (pertengahan Mei hingga pertengahan Juni 2018).

"Tingkat saran kami tidak berubah. Kewaspadaan tinggi terjadi di Indonesia, termasuk Bali. Tingkat yang lebih tinggi juga berlaku di beberapa bagian negara," tulis situs tersebut.

Lebih lanjut pemerintah Australia juga menyebutkan,  tingkat kewaspadaan juga diterapkan di beberapa kota di  Indonesia, seperti Bali dan Jakarta, seiring tingginya ancaman serangan teroris. Karenanya, pemerintah Australian pun meminta warganya yang tengah berada di Indonesia untuk meningkatkan keamanan pribadinya  serta terus memantau perkembangan informasi terbaru tentang risiko keselamatan atau keamanan dari beberapa media.

"Kami terus menerima informasi yang mengindikasikan teroris mungkin merencanakan serangan di Indonesia. Serangan bisa terjadi di mana saja, kapan saja. Otoritas Indonesia terus menangkap teroris dalam tahap lanjutan dari perencanaan serangan. Waspadai tempat-tempat ibadah dan selama periode liburan yang signifikan," tulis website tersebut.

Selain Australia, peringatan keamanan juga datang dari kantor Kedutaan Besar dan Konsulat Amerika Serikat di Indonesia. Melalui situs resminya, Kedubes AS menghimbau warganya untuk mencari tempat yang aman jika berada di sekitar lokasi kejadian, meninjau rencana kemanan pribadi, memantau media lokal dan mewapadai kondisi sekitar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...