Tambah Gerai, Mitra Adiperkasa Serap Capex Rp 200 Miliar di Kuartal I

Image title
Oleh Ekarina
8 Mei 2018, 15:08
Lotus
Katadata
Lotus merupakan salah satu brand department store milik PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP)

Perusahaan retail produk fashion dan gaya hidup, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) hingga kuartal I 2018 telah menyerap investasi sekitar Rp 200 miliar dari total belanja modal (capital expanditure/capex) yang dianggarkan perusahaan tahun ini sebesar Rp 800 miliar. Menurut manajemen perseroan, sebagian besar dana tersebut telah digunakan untuk menambah sejumlah gerai.

"Capex hingga kuartal I 2018 sudah terpakai Rp 200 miliar untuk menambah gerai seluas 9.118 meter per segi," kata Head of Corporate Communication of MAP Fetty Kwartati kepada Katadata melalui pesan singkat.

Mengutip laporan perusahaan, pada tiga bulan pertama 2018 Mitra Adiperkasa tercatat telah menambah sekitar 1 unit department store dan 11 gerai food and beverage. Di samping itu, perusahaan juga diketahui telah menutup sebanyak 40 gerai speciality store.

(Baca : Mitra Adiperkasa Ambil Alih Pemasaran Clarks dan Lego di Indonesia)

Dengan demikian, hingga kuartal I 2018 secara keseluruhan perusahaan telah mengoperasikan sekitar 1.925 unit gerai. Angka itu menyusut dari total gerai yang dioperasikan perseroan per akhir 2017 sebanyak 1.953 unit retail di 75 kota di Indonesia.

Menejemen menuturkan tetap optimistis terkait pertumbuhan bisnis tahun ini, kendati tetap mewaspadai hambatan yang berpotensi menahan laju pertumbuhan industri retail, seperti maraknya persaingan perdagangan dunia, perlambatan ekonomi Tiongkok, kenaikan suku bunga dan sebagainya.

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...