Indonesia Pacu Ekspor Desain Produk ke Jepang

Michael Reily
23 April 2018, 20:45
furnitur rotan
ANTARA FOTO/Basri Marzuki
Aneka furnitur yang terbuat dari rotan di salah satu toko mebel di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (15/6/2017).

Pemerintah memacu ekspor  komoditas produk desain ke  pasar Jepang. Salah satu strategi yang dilakukan dengan melakukan promosi dan kompetisi desain melalui  ajang  Good Design Indonesia (GDI).

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Arlinda  mengatakan GDI merupakan ajang kerjasama antara Kementerian Perdagangan dengan Japan Institute of Design Promotion. Pemenang GDI 2018 berkesempatan memamerkan karyanya di Jepang.

Jepang merupakan salah satu tujuan utama Indonesia sekaligus menjadi salah satu negara yang sulit ditembus. “Target pemerintah selain mencari pasar nontradisional baru adalah mempertahankan pasar lama,” katanya di Jakarta, Senin (23/4).

Dia pun meyakini apabila produk desain  Indonesia bisa menembus pasar negeri sakura, maka pasar negera lain diharapkan bisa terdorong  untuk menerima ekspor Indonesia. Selain itu, kompetisi desain produk diharapkan bisa memacu  desainer dalam negeri untuk membuat produk yang kompetitif dan bernilai tambah.

(Baca : Dorong Ekspor Industri Agro, IKM Diajak Kerja Sama dengan Jepang)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...