Bertolak ke Brazil, Tim Kementan Pantau Kesiapan Impor Daging Sapi

Michael Reily
13 April 2018, 16:10
Pasar Daging
Agung Samosir|KATADATA
Kebutuhan daging terus melonjak menjelang Ramadhan dan Lebaran.

Ramadhan akan datang dalam hitungan beberapa pekan ke depan. Kementerian Pertanian akan bergerak cepat dengan memberangkatkan tim audit ke Brazil yang bertugas mengecek kesehatan dan kesiapan daging sapi di negeri samba untuk segera diimpor ke Indonesia.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita menyatakan tim akan berangkat ke Brazil besok. “Kami membuka opsi impor dari negara lain supaya jangan terjadi monopoli,” kata Ketut di Jakarta, Jumat (13/4).

Tim yang terdiri dari unit teknis dan komisi ahli akan memastikan kesehatan daging sapi, terutama dari penyakit mulut dan kuku agar daging sapi yang diimpor dari Brazil aman dikonsumsi masyarakat.

(Baca :  Ketergantungan Impor Daging Dituding Penyebab Lemahnya Peternak Lokal)

Tak hanya itu,  tim pemerintah yang secara total berjumlah 22 orang itu  juga akan menyertakan tim dari  Majelis Ulama Islam (MUI) untuk  memastikan sertifikasi halal daging impor serta tim dari industri.

Ketua tim audit Tri Satya Putri Naipospos menyatakan pemerintah harus bergerak cepat sehingga unit teknis dan komisi ahli dikirimkan bersamaan. 

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...