Siemens Berencana Bangun Pembangkit Listrik Berbasis Sampah

Michael Reily
7 Februari 2018, 09:40
Sampah
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Pemanfaatan sampah menjadi energi di kota besar bakal menjadi solusi berkelanjutan.

PT Siemens Indonesia berencana membangun  Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTS) di Indonesia. Pemanfaatan sampah menjadi energi di kota besar bakal menjadi solusi berkelanjutan.

Direktur Industri Permesinan dan Alat Mesin Pertanian, Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Kementerian Pertanian Zakiyudin menjelaskan keseriusan rencana tersebut diungkapkan setelah  Presiden Direktur baru Siemens Indonesia bertemu dengan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

“Komunikasi juga sudah dilakukan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Pemerintah Daerah,” kata Zakiyudin di Jakarta, Selasa (6/2).

Rencananya, Siemens bakal membangun 8 PLTS di sejumlah kota besar terkait pemanfaatan sampah sebagai sumber energi. Rencana itu juga dinilai sejalan dengan Proyek Strategis Nasional yang mencakup solusi listrik dengan konsep kota pintar.

Karenanya pemerintah juga berharap Siemens bakal melakukan sistem kemitraan dengan perusahaan lokal agar sistem teknologinya bisa ikut terbantu. “Siemens punya desain dan hak intelektual standar internasional, sehingga sangat baik jika menjadi subkontraktor perusahaan lokal,” jelas Zakiyudin.

Selain itu, langkah Siemens mengolah sampah menjadi energi baru juga diharapkan dapat meningkatkan kegiatan industri di Indonesia. Saat ini, perusahaan tercatat memiliki 2 pabrik di Cilegon dan 1 pabrik di Pulogadung. Dua pabrik memproduksi kondensor dan turbin serta operasi dan perawatannya. Satu pabrik merupakan industri travo, alat elektrik, dan panel listrik.

Adapun produksi perangkat turbin dan komponen pembangkit listrik hingga saat ini tekah menembus pasar ekspor. Zakiyudin menjelaskan jumlah ekspor Siemens saat ini sudah mencapai 70% dari kapasitas produksi. “Mereka sudah melakukan kerja sama dengan negara Timur Tengah, produksinya di Indonesia, diekspor dan disatukan di sana,” ujarnya.

Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...